Satgas Akui Kasus Positif Covid-19 Cenderung Semakin Tinggi

Mus • Friday, 24 Jul 2020 - 14:10 WIB

Jakarta - Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengakui tren kasus positif corona cenderung makin tinggi. Hal itu didasarkan pada perkembangan data per 23 Juli 2020.

"Untuk itu kami ingin menyampaikan tentang perkembangan kasus positif Covid-19 per 23 Juli. Seperti bisa dilihat di dalam portal ataupun mungkin di dalam layar bahwa data-data yang ada yang terkait dengan kasus positif memang ada kecenderungan jumlahnya makin tinggi," ucapnya dikutip dari OKEZONE.com di Jakarta, Jumat (24/7/2020).

Pada 23 Juli, kata Wiku, jumlah kasus positif corona mencapai 1.906 orang. Jumlah ini lebih tinggi dibanding 14 Juli yang hanya 1.282 orang.

"Namun demikian kalau kita melihat selama satu minggu terakhir terlihat bahwa pada tanggal 9 Juli, jumlah kasusnya adalah 2.657. Data ini memang menjadi perhatian banyak pihak, tetapi perlu diingat pada saat itu terjadi kluster Secapa di Bandung di mana pada hari itu dilaporkan sejumlah 760 kasus positif dari 1.308 klaster Secapa," kata Wiku.

"Sebagian sudah diumumkan beberapa hari sebelumnya dan sebagian dilaporkan pada hari-hari berikutnya," imbuhnya.

Melihat fenomena itu, Wiku berujar bahwa laporan kasus positif corona sebenarnya belum bisa dilakukan setiap hari. Pasalnya, ada antrean dalam proses pelaporan kasus.

"Hal ini menunjukkan bahwa pertama bahwa laporan kasus itu belum bisa dilakukan setiap hari dites dan saat hari itu juga dilaporkan, mengingat ada antrean dalam pelaporan kasus terkait dengan uji laboratorium," katanya.

Begitu juga laporan dari daerah kepada Kementerian Kesehatan yang kemudian dilakukan proses verifikasi. Hal-hal seperti itulah yang ingin ditingkatkan kinerjanya, dari kinerja laboratorium itu sendiri, kinerja pelaporan dan integrasi dan verifikasi data untuk bisa lebih cepat.