Berapa Usia Ideal Anak untuk Memiliki Smartphone?

AKM • Wednesday, 22 Jul 2020 - 11:27 WIB

Jakarta - Smartphone menjadi alat komunikasi yang menjamur belakangan ini. Tidak hanya untuk telefon dan SMS saja, fitur canggih pada smartphone membuatnya menjadi perangkat untuk mengabadikan gambar atau hiburan. Smartphone juga didukung fitur untuk berselancar di dunia maya. Dengan demikian, diperlukan kewaspadaan khususnya bagi orangtua agar anak tidak terpapar konten negatif dari pemanfaatan smartphone tersebut.

Orangtua juga perlu memperhatikan usia berapa anak bisa memiliki smartphone. Dikutip Pandasecurity, riset yang melibatkan 1.000 warga Amerika menunjukkan, sebanyak 40 persen berpikir bahwa anak harus menunggu hingga usia 11-13 tahun sebelum memiliki ponsel pintar.

Sementara sepertiga responden mengatakan bahwa orangtua harus menunggu sampai SMA (high school) untuk memberikan smartphone ke anak-anak mereka.

Meskipun mayoritas orang berpikir anak-anak harus menunggu untuk mendapatkan smartphone, tetapi kenyataannya justru berbeda.

Survei menunjukkan bahwa rata-rata usia anak-anak yang mendapatkan ponsel adalah 10 tahun. Dilaporkan bahwa 25% anak di bawah usia enam tahun memiliki ponsel dan setengahnya menghabiskan 21 jam seminggu untuk menggunakannya.

Tren anak-anak mendapatkan ponsel cerdas sebelum waktunya adalah penyebab kekhawatiran. Ada banyak ketakutan terkait anak-anak yang memiliki smartphone. (AKM)

Okezone.com