Achmad Yurianto Tak Lagi Jadi Jubir Pemerintah untuk Penanganan Corona

Mus • Tuesday, 21 Jul 2020 - 14:41 WIB

Jakarta - Sosok Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan, Achmad Yurianto akrab di mata publik sebagai juru bicara (jubir) pemerintah untuk penanganan covid-19. Setiap hari, Yuri menyampaikan perkembangan data terkait pasien covid-19.

Namun ke depan sosok Yuri tak lagi menjabat sebagai juru bicara pemerintah untuk penanganan covid-19. Saat dikonfirmasi, Yuri mengatakan perkembangan data akan disampaikan Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Wiku Bakti Bawono Adi Sasmito.

"Betul sudah tidak lagi menjadi jubir penanganan covid-19. Tadi sudah diumumkan Pak Menko Perekonomian," katanya seperti dikutip dari iNews.id di Jakarta, Selasa (21/7/2020).

Yuri bertugas selama hampir empat bulan mengumumkan perkembangan data terkait virus yang berasal dari Wuhan, Cina tersebut setiap hari. Yurianto juga terus mengingatkan masyarakat untuk disiplin melaksanakan protokol kesehatan.

Pemerintah resmi menunjuk Yuri sebagai jubir pemerintah untuk penanganan covid-19 pada tanggal 3 Maret 2020. Hal itu bermula saat dua orang warga negara Indonesia asal Depok diumumkan sebagai kasus pertama covid-19 di Tanah Air.