RRI Surabaya Lockdown, 54 Karyawan Positif Covid-19

Mus • Monday, 13 Jul 2020 - 16:41 WIB

Surabaya -  54 orang karyawan LPP RRI Surabaya  positif corona (Covid-19). Hal itu diketahui berdasarkan hasil swab ratusan karyawan RRI pada 26 Juni lalu dan diumumkan pada 11 Juli 2020.

"Mulai 27 juni manajemen telah mengambil sikap dengan melakukan lockdown untuk semua  karyawan sampai 12 Juli. Aktivitas di RRI Surabaya juga dihentikan," kata Sumarlina, Kepala LPP RRI Surabaya.

Sumarlina juga mengatakan karena hasil swab pertama belum juga keluar, maka pihaknya kembali melakukan swab kedua pada 6 Juli lalu. Hasilnya langsung diterima keesokan hari, dan dinyatakan seluruh pegawai RRI 100 persen negatif corona.

"Hasil negatif tersebut menjadi dasar bagi RRI Surabaya mengakhiri lockdown pada 13 Juli, dan kembali operasional seperti biasa," ungkap Sumarlina.

Kondisi menjadi berbeda pada 11 Juli kemarin. Mendadak hasil swab pertama keluar, dan disebutkan bahwa sebanyak 54 pegawai RRI positif corona.

"11 Juli kemarin, hasil swab yang pertama keluar dengan terkonfirmasi sejumlah 54 pegawai positif. Kondisi ini membuat kami merubah kebijakan untuk melanjutkan lockdown hingga 2-3 minggu ke depan," ujar Sumarlina

Sumarlina tidak mengetahui secara pasti mengapa hasil swab pertama tersebut baru keluar begitu lama. Semua test yang dilakukan menurut Sumarlina difasilitasi oleh Pemerintah Kota Surabaya.

"Swab dilakukan atas dukungan atau bantuan Pemerintah Kota Surabaya melalui Dinas Kesehatan Kota Surabaya, kami hanya mengerahkan karyawan untuk menjalani test saja," tambah Sumarlina

Rencananya 54 karyawan yang dinyatakan positif tersebut akan menjalani swab ke tiga di salah satu rumah sakit di Surabaya.

"Karyawan yang dinyatakan positif di swab pertama dan sudah dinyatakan negatif pada swab ke dua akan segera melakukan swab ulang yang ke 3. Mohon doanya," pungkas Sumarlina. (Hermawan)