5 Tips Isi Batere Handphone, Hati-Hati Salah Isi Bisa Meledak

ADM • Wednesday, 8 Jul 2020 - 10:02 WIB

JAKARTA – Handphone memang menjadi barang wajib yang dibawa ke manapun Anda pergi. Tapi, salah satu kelemahan handphone adalah membutuhkan daya yang berasal dari baterai.

Oleh karena itu, perusahaan ponsel pun berlomba membuat kapasitas baterai yang cukup besar. Agar baterai handphone tetap awet, memang ada beberapa cara yang dilakukan, agar lebih awet.

Nah, mungkin Anda merasa bingung apakah sudah melakukan pengisian daya handphone dengan benar? Berikut mitos yang terkait pengisian daya handphone seperti dilansir dari Lifehack.

Jangan pernah mengisi daya semalaman penuh

Menurut para ahli seperti Shane Broesky, membiarkan ponsel Anda terhubung ke listrik semalaman boleh dilakukan. Pasalnya, saat ini teknologi telah mengatur handphone untuk menghentikan pengisian daya ketika baterai sudah penuh.

Menurut Broesky yang perlu Anda khawatirkan ialah overheating. "Jadi letakan ponsel Anda di tempat yang relatif dingin serta lepaskan casing ponsel," katanya.

Tunggu sampai 0% sebelum mengisi

Faktanya jika Anda membiarkan baterai ponsel hingga 0% maka akan menyebabkan ponsel menjadi tidak stabil. Shane Broesky menyarankan agar menjaga perangkat ponsel tetap terisi antara 50%-80%.

Artinya, anda harus mengisi daya ponsel sebentar-sebentar sepanjang hari, dari pada menunguu melakukan “deep charge” dari 0% hingga 100%.

Pakai charger bawaan

Ketika Anda tergoda untuk membeli charger tanpa merek untuk menghemat, maka kerusakan bisa terjadi pada ponsel dari waktu ke waktu. Faktanya adalah lebih baik Anda menggunakan charger asli yang berasal dari perangkat ponsel.

Para ahli mengatakan agar berhati-hati terhadap charger non-merek karena tidak memiliki pertimbangan keselamatan seperti charger bawaan. Bukan tidak mungkin menyebabkan terjadinya kebakaran atau merusak baterai ponsel Anda.

Restart ponsel sesekali

Karyawan Apple Genius mengatakan, untuk memaksimalkan masa pakai baterai, Anda harus secara teratur mematikan ponsel dari waktu ke waktu.

Setidaknya dalam satu minggu, Anda harus mencoba mematikan atau me-restart ponsel dengan benar.

Jangan Gunakan Ponsel Anda Saat Men-charger

Meskipun aman untuk menggunakan ponsel saat mengisi daya dengan charger yang tepat, tidak disarankan untuk melakukannya saat menggunakan charger pihak ketiga, karena hal itu dapat menyebabkan ponsel meledak atau lebih buruk membuat korsleting listrik.

 

Sumber : Okezone.com