Pemerintah Tidak Membuka Penerimaan PNS  selama 2 tahun

AKM • Tuesday, 7 Jul 2020 - 11:57 WIB

Jakarta-Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi ( MenPAN RB), Tjahjo Kumolo, mengatakan pemerintah tidak akan membuka penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil ( CPNS) dalam dua tahun ke depan.

Namun demikian, hal tersebut tak berlaku sepenuhnya. Ada pengecualian. Untuk penerimaan sekolah kepolisian dan militer, tetap akan dilaksanakan.

Menurut MenPAN-RB Tjahjo Kumolo, saat ini penerimaan PNS akan dilakukan sesuai kebutuhan. Artinya, pihaknya akan benar-benar ketat dengan melihat data kebutuhan terlebih dahulu.

"Rekrutmen CPNS, dua tahun ini enggak ada. Kecuali kedinasan yang memang sudah terprogram. Akpol (Akademi Polisi), Akmil (Akademi Militer) tetap (dilaksanakan) di 2021," kata Tjahjo di Gedung DPR, Jakarta. .

Tjahjo menjelaskan, tak diadakannya penerimaan CPNS selain imbas virus corona atau Covid-19, Presiden Jokowi memerintahkan untuk menyederhanakan birokrasi dan mempercepat perizinan.

Tak hanya itu, Tjahjo menambahkan langkah tersebut dinilai dapat memangkas anggaran cukup besar.

"Tahap ini kami target selesai akhir tahun," ujarnya.

Lebih lanjut, Tjahjo menambahkan, meski
penerimaan CPNS hingga 2021 ditiadakan, namun pemerintah tetap melanjutkan seleksi CPNS formasi 2019 yang proses pelaksanaannya tertunda akibat pandemi Covid-19.

Rencananya, penyelenggaraan tes tersebut akan dilanjutkan pada Agustus 2020. Adapun kegiatan tes lanjutan dari Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) CPNS tersebut bakal dilaksanakan hingga awal Oktober 2020. (AKM)