5 Khasiat Minyak Eucalyptus selain untuk Atasi Masuk Angin

ADM • Monday, 6 Jul 2020 - 11:46 WIB

EUCALYPTUS tengah ramai diperbincangkan sejak adanya kalung antivirus corona besutan Kementerian Pertanian RI (Kementan). Kalau bicara khasiat eucalyptus sebenarnya sang melimpah.

Sebagian dari kamu tentu mengenal eucalyptus atau minyak kayu putih dalam kehidupan sehari-hari. Khasiat eucalyptus yang seding dikenal adalah untuk mencegah gigitan nyamuk, menghangatkan tubuh saat udara dingin, dan sebagainya.

Nah, ada khasiat eucalyptus yang lainnya dan harus kamu ketahui. Dilansir Okezone dari Medicalnewstoday, ini dia khasiat eucalyptus, yang daunnya terkenal sebagai makanan favorit koala ini.

Merangsang sistem kekebalan tubuh

kayu putih

Berdasarkan jurnal yang dipublikasikan oleh BMC Immunology, minyak kayu putih atau Eucalyptus dapat merangsang respons sistem kekebalan tubuh.

Para peneliti menemukan bahwa minyak kayu putih dapat meningkatkan respon fagositik sistem kekebalan terhadap patogen. Fagositosis adalah proses di mana sistem kekebalan tubuh mengkonsumsi dan menghancurkan partikel asing.

Mengatasi pilek dan masalah pernapasan

Sebagian dari kita mungkin tidak asing lagi dengan khasiat minyak kayu putih sebagai obat luar yang dibalurkan ke tubuh saat terserang flu atau masalah pernapasan. Dilansir Okezone dari Medical News Today Selasa (6/7/20), peneliti merekomendasikan menggunakan daun segar eucalyptus dalam obat kumur untuk meredakan sakit tenggorokan, sinusitis, dan bronkitis. Juga, uap minyak kayu putih dapat bekerja sebagai obat meredakan hidung tersumbat ketika dihirup. Ini adalah obat rumahan yang populer untuk mengatasi pilek dan bronkitis.

Eucalyptus sebagai perawatan gigi

Berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Periodontology, zat antibakteri dan antimikroba dari ekstrak kayu putih telah dimanfaatkan untuk digunakan dalam beberapa obat kumur. Dalam menjaga kesehatan gigi, ekstrak kayu putih nampaknya bekerja dalam memerangi bakteri yang menyebabkan kerusakan gigi dan infeksi pada gusi.

Mengurangi ketombe

Manfaat lain dari kayu putih yang mungkin belum diketahui adalah untuk mengurangi ketombe, Dilansir Okezone dari Womenshealthmag, kandungan anti-jamur dalam minyak kayu putih memerangi malassezia jamur, penyebab ketombe yang paling umum. Cukup campur dua hingga empat tetes minyak kayu putih dengan satu hingga dua sendok makan minyak kelapa, oleskan ke kulit kepala, tunggu 20 menit, lalu bilas sampai bersih.

Mengurangi nyeri otot dan nyeri sendi

Berkat zat anti-inflamasi pada minyak kayu putih, sangat bekerja baik jika Anda tengah mengalami nyeri otot setelah olahraha atau jika Anda menderita sakit kronis pada otot dan sendi yang disebabkan oleh kondisi tertentu. Caranya cukup campurkan satu atau dua tetes ekstrak Ecaulyptus dengan minyak essensial (seperti minyak kelapa, argan, atau minyak jojoba) dan gosokkan pada bagian yang sakit dengan gerakan memutar secara rutin.

 

Sumber : Okezone.com