BREAKING NEWS : Dinas Pendidikan DKI Jakarta Buka PPDB Jalur Zonasi Bina RW Sekolah

FAZ • Tuesday, 30 Jun 2020 - 15:56 WIB

Jakarta - Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta membuka jalur baru untuk Penerimaan Peserta Didik Baru 2020, yakni Jalur Zonasi Bina RW Sekolah.

Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Nahdiana mengatakan, jalur baru ini dibuka untuk mengakomodir para calon peserta didik yang belum mendapat sekolah.

Nahdiana menjelaskan, jalur baru Zonasi Bina RW ini akan dibuka mulai 4 Juli 2020 mendatang atau sehari setelah PPDB jalur prestasi rampung.

"Untuk mengakomodir tingginya minat sekolah negeri, di mana ada siswa yang pada satu dengan RW dengan sekolahnya belum dapat diterima. Maka Disdik DKI akan membuka jalur yang namanya Jalur Zonasi Untuk Bina RW Sekolah," ucapnya dalam konferensi pers yang disiarkan langsung akun youtube Pemprov DKI, Selasa (30/6/2020).

"Akan kami buka tanggal 4 Juli dan lapor diri tanggal 6 Juli," tambahnya.

Nahdiana memastikan, penambahan jalur baru ini tidak akan mengganggu porsi PPDB jalur prestasi yang baru dibuka 1 Juli mendatang.

"(Zonasi Bina RW) ini tidak mengganggu porsi jalur prestasi yang sudah ada. Tentunya kami menambahkan kuota untuk menambahkan rasio di setiap kelasnya dari 36 menjadi 40 siswa," kata Nahdiana.

Nantinya, jalur PPDB baru ini akan dibuka pendaftarannya pada 4 Juli 2020 dan ditutup sebelum jadwal lapor diri bagi calon siswa yang diterima pada 6 Juli 2020.

Nahdiana mengungkap bahwa mekanisme seleksi di jalur ini apabila terjadi permintaan tinggi di suatu sekolah akan sama seperti ketentuan jalur zonasi reguler. Kebijakan dan ketentuan lebih lanjut secara resmi akan diumumkan dalam waktu dekat.

"Perlu disampaikan juga sebaran penduduk di tiap sekolah tidak sama. Jadi, ketika satu RW banyak, maka kami akan lakukan seleksi," tuturnya.

"Seleksi berikutnya kami menggunakan seleksi usia," sambungnya menjelaskan.