Unik! UNS Gelar Wisuda Drive Thru Menggunakan Transportasi Ramah Lingkungan

FAZ • Monday, 29 Jun 2020 - 08:50 WIB

Solo – Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar prosesi wisuda menyambut era ‘ _New Normal_ ’ dengan cara yang unik. Dalam prosesi wisuda periode III, Sabtu (27/6/2020) pagi, UNS menggelar ‘Wisuda Luring dan Daring’ secara drive thru dengan menggunakan transportasi ramah lingkungan.

Pada wisuda luring, sebanyak 15 lulusan cumlaude diwisuda oleh Rektor UNS, Prof. Jamal Wiwoho. Mereka dipilih untuk mewakili rekan-rekannya yang mengikuti jalannya wisuda melalui siaran langsung Youtube UNS.

Sembari mengenakan toga wisuda, lulusan cumlaude UNS mengendarai tranportasi ramah lingkungan, seperti becak, andong, sepeda, motor elektrik, dan mobil elektrik yang menggunakan baterai lithium buatan Pusat Unggulan Ipteks (PUI) UNS.

Transportasi yang mereka kendarai secara beriringan berhenti di depan Gedung Rektorat dr. Prakosa untuk menunggu Prof. Jamal menyampirkan toga wisuda. Selanjutnya, Prof. Jamal beserta Ketua Senat UNS, Prof. Adi Sulistiyono, kembali ke Gedung Audiotirum G. P. H Haryo Mataram untuk mengikuti prosesi pembacaan nama-nama wisudawan.

Dalam sambutannya, Prof. Jamal mengatakan penyelenggaraan wisuda periode III kali ini merupakan bentuk pengimplementasian _physical distancing_ dan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah.

“Berhubung sampai saat ini perkembangan penyebaran wabah Covid-19 di hampir seluruh daerah di Indonesia masih relatif cukup tinggi, sehingga menuntut kita masih harus menerapkan _physical distancing_ dan mematuhi protokol kesehatan yang ditetapkan, maka upacara perhelatan wisuda UNS periode llI kali ini pun tetap dilaksanakan secara luring dan daring, dan dilengkapi sentuhan kreatifitas unik dengan konsep _drive thru_ ,” ujar Prof. Jamal.

Walau Indonesia sedang dilanda pandemi Covid-19, Prof. Jamal mengharapkan lulusan UNS dapat menyesuaikan diri dengan menciptakan gaya hidup baru dan menyesuaikan diri.

“Saya masih percaya dan yakin bahwa dalam suasana pandemi ini, kalian sebagai generasi muda memiliki kapasitas, kemampuan beradaptasi dan menciptakan lingkungan baru yang kondusif dan menyesuaikan diri dalam situasi apa pun, termasuk dalam menerapkan pola kehidupan yang baru untuk menghindari dampak buruk pandemi Covid-19 secara berkelanjutan,” lanjut Prof. Jamal.

Poin penting lainnya yang disampaikan Prof. Jamal adalah cara membudayakan pemikiran yang kritis. Baginya, dimasa krisis seperti yang terjadi saat ini kecerdasan sangat dibutuhkan agar dapat beradaptasi di tengah pandemi Covid-19. Kemampuan adaptasi seseorang disebut Prof. Jamal mampu dikembangkan menjadi kebiasaan baru agar dapat memandang kehidupan dengan cara yang lebih realistis.

Dalam laporannya, Wakil Rektor bidang Akademik Prof. Ahmad Yunus mengatakan UNS mewisuda 329 wisudawan pada Program Doktor, Magister, Pendidikan Dokter Spesialis, Sarjana, dan Diploma.

Jumlah tersebut terdiri atas lulusan Program Doktor sebanyak 8 wisudawan, Program Magister sebanyak 60 wisudawan, ulusan Program Pendidikan Dokter Spesialis sebanyak 12 wisudawan, lulusan Program Sarjana sebanyak 229 wisudawan, dan lulusan Program Diploma III sebanyak 20 wisudawan.

Dari jumlah tersebut, UNS turut mewisuda 131 wisudawan yang lulus dengan predikat _cumlaude_ atau dengan pujian.

Pada penyelenggaraan wisuda kali ini turut dihadiri oleh Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) RI, Mahfud MD.