JIExpo : Jakarta Fair Tetap digelar Tahun Ini

FAZ • Tuesday, 23 Jun 2020 - 12:31 WIB

Jakarta - Pihak penyelenggara event Jakarta Fair Kemayoran yakni PT Jakarta International Expo (JIExpo) menjelaskan ajang terbesar di Jakarta ini akan tetap diselenggarakan. Hal ini disampaikan langsung oleh Marketing Director PT JIExpo, Ralph Scheunemann.

"Beberapa hari belakangan ini banyak sekali tersiar kabar tahun ini ditiadakan. Hal tersebut bukanlah bersumber dari pihak kami. Saya tegaskan dalam hal ini bahwa Jakarta Fair Kemayoran adalah acara resmi yang diselenggarakan oleh PT Jakarta International Expo di area JIExpo Kemayoran,” tutur Ralph kepada wartawan, Selasa (23/6).

Sebelumnya pihak Manajemen PT JIExpo juga sudah memberikan konfirmasi terkait penundaan event Jakarta Fair Kemayoran pada awal April silam. Acara akbar yang sedianya digelar pada tanggal 14 Mei-28 Juni 2020 ditunda penyelenggaraannya sampai situasi dan kondisi yang membaik.

Kebijakan tersebut diputuskan setelah tim Penyelenggara berkoordinasi dengan berbagai pemangku kepentingan (stakeholders) baik pusat maupun daerah, TNI, Polri serta berbagai pihak lainnya. Dalam hal ini semua pihak sepakat bahwa terdapat kepentingan yang jauh lebih besar yaitu mengutamakan kesehatan serta keselamatan masyarakat guna mencegah dan meminimalisir penyebaran pandemi Covid-19 di Indonesia.

Namun hal tersebut bukan berarti membatalkan event Jakarta Fair Kemayoran, tetapi pihak penyelenggara hanya menunda hingga situasi dan kondisi kondusif serta membaik. Pihak Manajemen PT JIExpo juga menjelaskan bahwa nantinya akan mengumumkan kepada publik lebih lanjut terkait tanggal resmi penyelenggaraan Jakarta Fair Kemayoran 2020.

"Kemungkinan besar apabila situasi dan kondisi sudah membaik, kami berencana akan mengadakannya di akhir tahun 2020,” papar Ralph.

PT Jakarta International Expo juga berkomitmen akan terus patuh terhadap peraturan serta anjuran yang dikeluarkan oleh Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terkait pandemi Covid 19 ini.

Terkait penyelenggaraan pameran, PT JIExpo berharap situasi akan kembali normal pada bulan Agustus ataupun September. Apabila keadaan sudah semakin kondusif maka event serta pameran sudah dapat digelar yang akan diawali secara bertahap dengan skala yang kecil dan berangsur ke pameran dengan skala menengah dan juga skala besar.

“Kita harapkan situasi di bulan Agustus atau September situasi sudah kembali normal. Kita akan mengawali bertahap dari event dengan skala kecil lalu menengah dan pada akhirnya puncak dari pameran ataupun event yang digelar di area JIExpo Kemayoran ini adalah Jakarta Fair di akhir tahun 2020,” jelas Ralph.

Pihaknya juga akan memperhatikan hal yang paling penting yaitu terkait protokol kesehatan. PT JIExpo akan menerapkan berbagai prosedur yang sesuai dengan SOP serta anjuran yang dikeluarkan oleh Pemerintah. Aturan-aturan ini juga akan dikoordinasikan lebih lanjut kepada pihak event organizer dan juga kepada para pengunjung pameran.

“Terkait protokol kesehatan dalam penyelenggaraan acara, kami akan menyiapkan cairan sanitasi di berbagai area pameran, pengecekan suhu tubuh di area pintu masuk, dan berbagai protokol kesehatan lainnya. Kami juga mengikuti aturan serta SOP yang dikeluarkan oleh Asosiasi Pameran Dunia,” ujar Ralph