Menkes Terima Hibah Ventilator

ANP • Wednesday, 17 Jun 2020 - 22:11 WIB

JAKARTA - Menteri Kesehatan RI dr. Terawan Agus Putranto menerima hibah ventilator dari PT. Dharma Precision Tools di Gedung Kemenkes, Jakarta, Rabu (17/6). Hibah tersebut dimaksudkan untuk membantu penanganan pasien COVID-19.

“Saya mengapresiasi pemberian ini, terima kasih. Saya terima dengan rasa syukur atas bantuan ini,” kata Menkes Terawan.

Sebanyak 5 ventilator yang dihibahkan untuk kemudian didistribusikan ke fasilitas layanan kesehatan. Pemilihan fasilitas layanan kesehatan dilakukan sesuai rekomendasi Kementerian Kesehatan.

CEO Dharma Group Irianto Santoso mengatakan ventilator tersebut didesain dari awal hingga layak pakai. Alat itu sudah melewati uji endurance di Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) maupun Balai Pengamanan Fasilitas Kesehatan (BPFK) dan uji klinis.

“Kita desain dari nol, sekitar 24 Maret kita sudah melakukan uji endurance dan uji klinis,” ucapnya.

Bahan baku ventilator sebagian besar didapat dari dalam negeri dan saat ini sudah 100 unit telah dikalibrasi.

Sebelumnya Dharma Group telah menghibahkan beberapa unit ventilator, antara lain 3 unit untuk RS Syafuliful Anwar Malang, 1 unit untuk RS Kalianget Madura, 1 unit untuk RS Husada Utama Surabaya, 1 unit untuk RSUD Tangerang, 1 unit untuk RS M Ridwan Maureksa, 1 unit untuk RS Pertamina Jaya, 1 unit untuk RSUD Balaraja, 1 Unit diserahkan ke Kemenristek.

“Dharma Group basic industri otomotif. Kami membuat komponen untuk otomotif, karena pandemi ini kami membuat ventilator,” kata Irianto. (ANP)