New Normal, Orangtua Wajib Cuci Seragam Anak Selepas Pulang Sekolah

Mus • Tuesday, 16 Jun 2020 - 20:22 WIB

Jakarta - Pemerintah mengimbau masyarakat yang baru pulang dari bepergian untuk segera mandi dan cuci pakaian. Konsep ini ternyata mesti diterapkan juga pada seragam sekolah anak.

Saat sekolah dibuka kembali pada waktu yang belum ditetapkan, orangtua mesti meminta anak segera melepas seragam dan mencucinya dengan sabun. Tindakan ini mesti dilakukan agar meminimalisir penyebaran Covid-19.

Menurut laporan Mirror, studi terbaru menemukan fakta bahwa virus corona dapat hidup di permukaan seperti pakaian atau handuk hingga 72 jam. Dengan data tersebut, diminta agar setiap orangtua segera menyuci seragam sekolah anak selepas tiba di rumah.

Lebih lanjut, berdasar laporan NHS, pakaian mesti dicuci pada suhu 60 derajat celsius atau 40 derajat celsius pada produk yang menggunakan pemutih.

Dengan begitu, saran lanjutannya ialah setiap orangtua tidak diperkenankan untuk mencampur seragam sekolah anak dengan pakaian biasa karena memungkinkan virus berpindah dari satu pakaian ke pakaian lain.

"Kuman yang masih menempel di seragam bisa berkembang biak dengan cepat dan diharapkan juga agar pakaian tidak dibiarkan terlalu lama di dalam mesin cuci," isi laporan NHS. (Okezone.com)