Ketua MPR : Contact Tracing dan Uji Spesimen Covid-19 Harus Terus Dilakukan

Mus • Friday, 12 Jun 2020 - 13:09 WIB

Jakarta - Jumlah kasus Covid-19 kembali meningkat dalam beberapa hari terakhir, dengan penambahan 1.241 kasus positif hingga Rabu (10/6) lalu.  Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo, meminta pemerintah terus melakukan contact tracing yang dibarengi dengan uji spesimen covid-19. Langkah ini, menurut Bamsoet sapaan akrabnya, dapat mempercepat dalam melacak kasus, menangani pasien positif serta menekan lonjakan penyebaran covid-19. 

“Agar dalam melaksanakan kebijakan PSBB transisi, pemerintah dan masyarakat saling mendukung agar tidak terjadi lonjakan kasus covid-19, dimana masyarakat tetap menjaga kesehatan dengan menerapkan protokol kesehatan, sementara pemerintah berupaya agar perekonomian masyarakat tetap berjalan,” kata Bamsoet, di Jakarta, Jumat (12/6/2020).

Bamsoet menambahkan, pemerintah bersama satgas covid-19 baik di pusat maupun di daerah terus berkoordinasi melakukan koordinasi. Bamsoet menjelaskan, koordinasi ini guna memperkuat upaya penanganan, mencegah, mengendalikan penyebaran covid 19.

“Saya mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan diri dengan melaksanakan protokol kesehatan yang telah ditetapkan, antara lain membiasakan menggunakan masker, rajin mencuci tangan, menjaga jarak atau menghindari kerumunan, dan menjaga pola hidup sehat sebagai upaya diri mencegah tertular virus Covid-19,” tutup Bamsoet. (Akm)