TNI AD Investigasi Akun Socmed Palsu Yang Pasang Foto Prajurit TNI

FAZ • Sunday, 7 Jun 2020 - 17:54 WIB

JAKARTA - TNI AD merasa dirugikan dengan beredarnya tangkapan layar ujaran kebencian di media sosial (medsos) yang mencatut nama prajurit. Unggahan tersebut viral di media sosial.

Kepada Dinas Penerangan TNI AD Brigjen TNI Nefra Firdaus memastikan akun yang beredar tersebut bukan milik prajurit TNI AD alias palsu. Foto yang diunggah di medsos merupakan Prajurit Satu AA dari Satuan Perbekalan dan Angkutan Kodam Iskandar Muda (Aceh).

Unggahan tersebut beredar Jumat (5/6/2020) sekitar pukul 23.16 WIB. Nefra mengatakan yang menyebarkan tangkapan layar itu yakni akun Twitter Yostanabe@Yostanabe88.

"Hasil investigasi Pusat Sandi & Siber TNI AD terhadap akun twitter Yostanabe@Yostanabe88 yang memasang foto profil seorang anggota TNI AD dengan nama Eko Frananda sebenarnya adalah AKUN PALSU dan bukan milik prajurit TNI AD," kata Nefra dalam keterangannya, Minggu (7/6/2020).

Nefra mengatakan selain merugikan nama pribadi prajurit TNI AD, unggahan tersebut juga merugikan institusi. TNI AD mendorong proses hukum terhadap pemilik akun medsos tersebut.

"Selain merusak dan merugikan nama pribadi Prajurit Satu AA, unggahan yang dilakukan akun ini juga sangat merugikan TNI AD," kata Nefra.