Gereja Katedral Jakarta Belum Dibuka Untuk Ibadah

FAZ • Sunday, 7 Jun 2020 - 08:34 WIB

JAKARTA - Gereja Katedral Jakarta masih belum membuka misa umat tatap muka pada pekan ini. Pastor Paroki Katedral Jakarta, Hani Rudi Hartoko mengatakan, pihaknya masih belum menentukan kapan gereja akan kembali dibuka untuk ibadah umat.

"Gereja Katedral Jakarta belum dibuka untuk umat dan belum ada kegiatan ibadah atau misa bersama umat dalam waktu dekat. Pada waktunya akan diberitakan kapan mulai difungsikan kembali. Kita masih menunggu arahan teknis dan detail dari Keuskupan Agung Jakarta (KAJ)," ungkap Romo Hani dalam keterangan resminya, Sabtu (6/6/2020).

Romo Hani mengatakan. pihaknya memilih untuk tidak terburu-buru menyelenggarakan misa bersama umat karena ingin memastikan kesiapan protokol kesehatan. Ada beberapa hal yang harus dipersiapkan, di antaranya seperti prasarana pendukung yang memadai yakni pengaturan kursi berjarak, wastafel, serta alat deteksi suhu. Tidak hanya itu, pihak gereja juga akan memastikan petugas liturgi yang akan melayani umat harus bebas Covid-19 dengan melakukan rapid test.

"Kami mohon umat bersabar sambil mempersiapkan diri dengan membiasakan diri seperti cuci tangan, wajib memakai masker dan menjaga jarak aman," imbuh Romo Hani.

Untuk saat ini, umat dapat mengikuti misa online di rumah melalui live streaming pada Sabtu pukul 16.00 WIB, Minggu pukul 11.00 WIB dan pukul 17.00 WIB untuk misa mingguan. Sementara itu untuk misa harian akan diadakan secara online pada Senin-Jumat pada pukul 18.00 WIB.