RS Rujukan Covid-19 di Jatim Overload, DPR: Garuda Siap Angkut Pasien ke Wisma Atlet

FAZ • Sunday, 7 Jun 2020 - 08:25 WIB

JAKARTA - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI mengusulkan agar pasien positif Covid-19 di Jawa Timur dirawat di Rumah Sakit Darurat Covid-19 di Wisma Atlet Jakarta. Pasien positif Covid-19 di Jawa Timur bertambah signifikan beberapa hari terakhir.

“Sehubunngan dengan banyaknya penderita Covid-19 di Jatim dan sudah penuhnya kapasitas rumah sakit yang ada di sana, DPR RI mengusulkan kepada Pemprov Jatim untuk pasien Covid-19 bisa dialihkan ke Wisma Atlet di Jakarta yang dikelola oleh BUMN,” kata Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad kepada Wartawan di Jakarta, Sabtu (6/6/2020).

Menurut Dasco, pihaknya sudah menyampaikan usulan tersebut kepada Kementerian BUMN. Nantinya, pasien dari Jatim bisa dibawa ke Jakarta menggunakan pesawat Garuda.

“Tadi sudah dikoordinasikan dengan Kementerian BUMN, bahwa pesawat Garuda akan disiapkan untuk mengangkut lalu membawa pasien Covid-19 dan dirawat sampai sembuh di Wisma Atlet Kemayoran,” tuturnya.

Politikus Partai Gerindra itu mengatakan, alasannya mengusulkan hal tersebut lantaran untuk membangun rumah sakit dibutuhkan waktu minimal 1,5 bulan. Sementara, pasien positif Covid-19 di Jatim sudah membeludak.

“Karena kalau membangun lagi rumah sakit butuh waktu minimal 1,5 bulan, sementara kebutuhan mendesak agar penderita Covid bisa dirawat. Dan setelah sembuh akan dipulangkan kembali dengan Garuda kembali,” ucapnya.

Sebagaimana diketahui, hingga 5 Juni 2020, pasien positif Covid-19 di Jatim sudah mencapai 5.549 orang. Sementara itu, RSD Covid-19 di Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat merawat 569 pasien.