Salat Jumat Perdana, JK: Berjalan Lancar, Semua Tertib Protokol Kesehatan

FAZ • Friday, 5 Jun 2020 - 15:14 WIB

Jakarta - Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kalla (JK) melaksanakan ibadah sholat jumat perdananya pada masa transisi PSBB Jakarta di Masjid Agung Al-Azhar Jakarta Selatan.

Selain JK juga hadir sejumlah tokoh dan pejabat negara di antaranya Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan, Mantan Wakil Menteri  ESDM Archandra Taher, dan Ketua Umum Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Jimly Asshiddiqie yang juga bertindak sebagai Khatib.

Dalam sambutannya setelah pelaksanaan sholat Jumat JK menyampaikan rasa syukurnya karena bisa kembali menunaikan ibadah salat Jumat secara berjamaah. Sebab, selama 12 pekan ibadah Sholat Jumat ditiadakan demi menghindari penularan Covid-19.

"Alhamdulillah setelah kita 12 Jumat tidak salat Jumat. Ini hampir tiga bulan dan ini luar biasa rahmat kembali ke masjid, dan doa yang mustajab karena semuanya amin saat doa tadi," kata JK di lokasi, Jumat (5/6/2020).

Lebih lanjut JK juga mengapresiasi pengurus Masjid terbesar di Jakarta Selatan tersebut yang telah menerapkan protokol kesehatan secara ketat sehingga sholat jumat bisa berjalan dengan tertib.

"Sudah tertib, tidak ada yang rapat-rapat (jarak) kan. Sudah pakai masker semua tidak ada yang tidak, karena kalau tidak pengurus masjid itu tidak bisa masuk," terang JK”

Untuk diketahui pelaksanaan sholat jumat di masa transisi PSBB dibolehkan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.  Dengan syarat setiap masjid harus menerapkan protokol kesehatan yang ketat  Seperti Jamaah wajib memakai masker, dan Jaga Jarak.