Karyawan Square Kini Bisa Bekerja Di Rumah Selamanya

ITK • Tuesday, 19 May 2020 - 18:41 WIB
okezone

SAN FRANCISCO - Setelah karyawan Twitter diperbolehkan bekerja selamanya dari rumah, kini giliran Square, perusahaan mobile payment besutan Jack Dorsey ini rencananya juga akan bisa bekerja dari rumah bahkan setelah Covid-19 berakhir.

CEO Squares sekaligus Twitter Jack Dorsey mengatakan, karyawan Square dapat bekerja dari rumah selamanya. Square mengatakan ingin karyawannya dapat bekerja di tempat yang menurut mereka paling kreatif dan produktif.

“Bergerak maju, Square akan bisa bekerja dari rumah secara permanen bahkan saat kantor mulai dibuka kembali. Selama beberapa minggu terakhir, kami telah belajar banyak tentang apa yang diperlukan orang untuk melakukan peran secara efektif di luar kantor, dan kami akan terus belajar sambil berjalan,” kata juru bicara Square yang dikutip dari The Verge.

Kebijakan baru ini akan berlaku untuk tim yang mampu melakukan pekerjaan mereka dari jarak jauh. Mereka yang perlu datang ke kantor seperti petugas keamanan dan fasilitas tentunya ada kebijakan tersendiri walaupun juga diperlonggar.

Karyawan di perusahaan pembayaran seluler telah bekerja dari jarak jauh sejak awal Maret 2020. Bahkan Facebook, Google, dan Microsoft semua pindah ke pekerjaan jarak jauh atau dari rumah masing-masing juga.

Kini, saat beberapa kota mulai meringankan pembatasan tempat tinggal, ketiga perusahaan tersebut telah memperluas opsi kerja jarak jauh. Facebook mengatakan, karyawannya boleh kerja dari rumah hingga 2021 meskipun kantor akan dibuka kembali pada 6 Juli.

Google juga mengikuti langkah yang sama dengan Facebook. Google memindahkan tanggal kembali bekerja ke kantor dari 1 Juni hingga 31 Desember. Microsoft memperpanjang tenggat waktu kerja dari rumah hingga Oktober 2020. Kira-kira perusahaan di Indonesia ada juga gak ya yang membuat kebijakan seperti ini? (*ITK)