Dubes China untuk Israel Ditemukan Tewas

ANP • Monday, 18 May 2020 - 15:50 WIB

TEL AVIV – Duta Besar China untuk Israel, Du Wei, ditemukan tewas di kediamannya di pinggiran Kota Tel Aviv, Minggu (17/5/2020). Polisi setempat tengah menyelidiki kematian pria berusia 57 tahun itu.

Juru Bicara Kepolisian Israel, Micky Rosenfeld mengatakan, Du Wei ditemukan tak bernyawa di rumahnya yang berada di Herzliya, sebuah kawasan yang berada di Tel Aviv Utara. Istri dan putra Du Wei sedang tidak bersama korban di kota itu.

Sementara, Kementerian Luar Negeri China menyatakan hanya akan memberikan komentar ketika sudah memiliki informasi yang mendalam terkait dengan kasus itu.

Polisi dan tim forensik Israel tampak sibuk di kediaman Du Wei. Rumah itu dikelilingi oleh tembok rendah dan dinaungi taman yang rindang, kata wartawan AFP.

Du Wei sebelumnya menjabat sebagai dubes China untuk Ukraina. Dia dipindahtugaskan ke Tel Aviv sejak pertengahan Februari lalu.

Media Israel, Haaretz menyebutkan, berdasarkan laporan awal, staf Kedubes China menemukan Du Wei meninggal di tempat tidurnya. Tidak ada tanda-tanda kekerasan pada tubuh mendiang. Sementara, layanan medis darurat Israel menyatakan, penyebab kematian Du Wei tampaknya karena serangan jantung.

China dan Israel telah meningkatkan kerja sama di sektor teknologi tinggi dan sektor-sektor lainnya. Sebagai sekutu kuatnya, Amerika Serikat telah mendesak Israel agar membatasi investasi China di sektor-sekor strategisnya.

Juru Bicara Kedubes China, Wang Yongjun, dalam komentar Jerusalem Post baru-baru ini, menolak klaim AS tersebut. Dia menyebut kerja sama China-Israel sebagai posisi yang “win-win” alias sama-sama menguntungkan. (Inews.id)