Kolaborasi Dispenad dan MNC Media, Latih Jurnalis Militer Kredibel

FAZ • Friday, 15 May 2020 - 20:43 WIB

JAKARTA – Dinas Penerangan Angkatan Darat (Dispenad) dan MNC Group mempererat kerja sama melalui pelatihan dan standardisasi broadcast bagi 20 jurnalis militer TNI AD. Pelatihan ini untuk membantu masyarakat memperoleh informasi yang akurat dan kredibel.

Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat Kolonel Inf Nefra Firdaus menuturkan, kegiatan pelatihan singkat bersama MNC Group terhadap para jurnalis militer dari Dispenad merupakan tindak lanjut dari keinginan KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa dan Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo saat audiensi di Mabesad, Jakarta, Rabu, (29/4/2020).

“Tidak saja dengan MNC, saat ini TNI AD siap bekerja sama dengan mitra media, baik dalam hal peliputan, publikasi maupun kegiatan lainnya terkait dengan peningkatan sumber daya manusianya,” ujar Kadispenad dalam kunjungannya ke MNC Group, Jumat (15/5/2020).

Nefra menuturkan, selaras dengan kebijakan KSAD, saat ini TNI AD sedang melakukan penataan para jurnalis militernya, baik dilakukan secara internal maupun kemitraan. Sebagai instansi yang bertugas di bidang penerangan maupun media, Dispenad pun harus memiliki kemampuan minimal agar hasilnya layak siar atau standar broadcast.

“Jadi, sebagai bagian dari sistem informasi nasional, para personel penerangan TNI AD juga harus memiliki kemampuan yang setidaknya sama dengan para jurnalis lainnya,” ujarnya.

Dengan latar belakang itu, Nefra sangat berterima kasih kepada MNC Group yang telah memberikan kesempatan bagi personelnya untuk mengikuti pelatihan singkat tentang jurnalistik.

“Seperti tadi disampaikan Pak Syafril Nasution, (Direktur Corsec MNC Group), MNC memiliki tekad yang sama dengan TNI AD, yaitu membantu masyarakat, khususnya penyediaan informasi yang akurat dan kredibel, di antaranya melalui penyiapan sumber daya kita agar memiliki kemampuan dan pemahaman yang sama dengan mitra media,” kata lulusan Akademi Militer 1992 ini.

“Sekali lagi saya ucapkan terima kasih kepada MNC Group dan harapan kami ke depan, ini masih berlanjut dan timbal balik, baik untuk TNI AD, MNC Group maupun media lainnya,” ujarnya.

Di tempat sama saat membuka pelatihan singkat para jurnalis militer TNI AD di MNC Group, Syafril Nasution menuturkan MNC memiliki kesamaan visi dengan Dispenad dalam membantu masyarakat.

“Dengan ada atau tidak adanya MoU, MNC Group akan bekerja sama dengan TNI AD, khususnya Dinas Penerangan Angkatan Darat dalam menyediakan informasi berita di berbagai jenis media bagi masyarakat,” kata Syafril.

Turut hadir mendampingi Syafril, Direktur Pemberitaan MNC Media Ray Wijaya; Direktur Legal, Network dan Corsec iNews Wijaya Kusuma dan Pemimpin Redaksi iNews Yadi Hendriana.

Menurut Syafril, kerja sama ini akan terus berlanjut dan berkesinambungan. MNC Group bangga dan senang mendapatkan kepercayaan untuk membekali kemampuan personel TNI AD.