Ramadhan Berkah, FJPI Donasi Bahan Pangan Bagi Warga Terdampak Covid-19

Mus • Wednesday, 13 May 2020 - 13:58 WIB

Surabaya - Bulan Ramadan bulan yang penuh berkah. Meskipun Ramadan tahun ini berbeda dibanding Ramadan 2019, namun keikhlasan untuk berbagi tidak boleh terhenti.

Terlebih saat ini, banyak masyarakat terutama yang terdampak akibat Covid-19 selama pandemi membutuhkan bantuan bagi siapapun yang mampu berbagi rejeki. Hal inilah yang menjadi dasar Forum Jurnalis Perempuan Indonesia (FJPI) Jawa Timur memberikan donasi berupa bahan pangan kepada masyarakat terdampak Covid-19.

Ketua FJPI Jawa Timur, Tri Ambarwati, di sela aktivitas “FJPI Berbagi Ramadan Berkah” mengatakan, pandemi Covid-19 berimbas pada seluruh sektor, terlebih pada masyarakat bawah yang pasti paling terdampak. Karena itu, FJPI Jawa Timur membuka donasi agar bisa membantu masyarakat.

“Hari ini kami membagikan 50 paket sembako kepada mereka yang terdampak Covid-19, diantaranya, para janda, pengemudi ojek online, tukang becak, dan lainnya. Karena itu kami ucapkan terimakasih kepada para anggota FJPI Jawa Timur yang telah memberikan donasi serta para donatur yang merupakan sahabat FJPI atas donasinya sehingga pembagian hari ini bisa berlangsung dengan baik,” ungkap Tri.

Dalam penyaluran bantuan, Tri menjelaskan, FJPI Jawa Timur juga bekerja sama dengan beberapa pihak yang memang memiliki data valid anggota masyarakat yang membutuhkan sehingga bantuan tepat sasaran.

“Kami juga masih membuka donasi tahap kedua, semoga semakin banyak Sahabat FJPI yang tergerak untuk turut menyumbang,” tambah Tri.

Sementara itu, Sekretaris FJPI Jawa Timur, Chaty menjelaskan untuk donasi tahap pertama ini didistribusikan ke 3 wilayah yakni Jl.Gresik, Jl.Tambak Asri dan Jl. Ngagel Surabaya. 

“Ketiga wilayah tersebut, cukup banyak sasaran penerima donasi bahan pangan. Seperti di Jalan Gresik dan Tambak Asri banyak ojol online dan tukang becak. Sedangkan di Jalan Ngagel, obyek penerima donasi, antara lain, para janda dan guru,” papar Chaty.

Untuk penyerahan donasi, Chaty menegaskan, tetap mengikuti protocol kesehatan. Penerima donasi tertib antri dengan tetap menjaga jarak (phisycal distancing) dan menggunakan masker.

Terlebih saat ini masih diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), tentunya FJPI ikut mengedukasi masyarakat bagaimana penerapan dari PSBB.

 “Satu diantaranya jaga jarak dan memakai masker serta tidak perlu jabat tangan usai menyerahkan donasi,” pungkasnya. (Hermawan)