AFC Nominasikan GBK Jadi Stadion Termegah di Asia Tenggara

ITK • Wednesday, 6 May 2020 - 16:07 WIB

JAKARTA - Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) pada 1 Mei 2020 lalu merilis sejumlah stadion termegah dan ikonik di Asia Tenggara. Total, ada lima venue yang dijagokan AFC.

Satu di antaranya adalah Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta. Sementara itu, empat venue lainnya adalah Stadion Bukit Jalil (Malaysia), Stadion Australia (Sydney), Stadion My Dinh (Vietnam), dan Stadion Rajamangala (Thailand).

Dikutip dari situs AFC, "Asia memiliki beberapa stadion terbaik di dunia, tempat ikonik yang secara rutin menghadirkan ribuan penggemar di tribun untuk mendukung tim favorit mereka, dan kami menghadirkan beberapa stadion terbaik di Asia, dimulai dengan lima stadion paling ikonik di kawasan ASEAN." ungkap mereka. Bahkan lewat situs resminya, AFC juga bahkan mengajak para suporter untuk memilih tiga stadion terbaik versi mereka.

Apa yang menjadi SUGBK sekarang ini menjadi salah satu nominasi stadion termegah versi AFCC? Ternyata atap ikonik yang dikenal dengan julukan 'temugelang' yang menjadi alasannya. Atap yang berbentuk oval dan menutupi seluruh tribune itu semakin mempercantik venue berkapasitas 77.193 tempat duduk tersebut.

Kemegahan SUGBK saat ini tentu tak lepas dari renovasi besar-besaran saat Indonesia terpilih menjadi tuan rumah Asian Games pada 2018 lalu. SUGBK sendiri pertama kali dibangung di tahun 1962 kala itu untuk bisa menjadi tuan rumah Asian Games keempat. (*ITK)