Jalani Perawatan, 6 Kru KM Lambelu Sembuh Dari Covid-19

ANP • Monday, 4 May 2020 - 11:00 WIB

Makassar - Pasca mendapatkan perawatan di RSKD Dadi Provinsi Sulawesi Selatan sejak Senin, 20 April 2020 karena terindikasi positif Covid-19 tanpa gejala (OTG), sebanyak 6 kru kapal KM Lambelu dinyatakan sembuh dari Covid-19 setelah hasil pemeriksaan swab yang dilakukan sebanyak dua kali berturut-turut menunjukkan hasil yang negatif. 

Kepala Kesekretariatan Perusahaan PT PELNI (Persero), Yahya Kuncoro menyampaikan kru tersebut telah dijemput oleh perwakilan PELNI di Makassar dan tengah melakukan proses kepulangan menuju Jakarta.

"Manajemen mengucapkan terima kasih kepada tim medis RSKD Dadi yang telah merawat seluruh kru KM Lambelu. Kami saat ini masih memantau perkembangan kesehatan dan menunggu hasil pemeriksaan swab untuk 19 kru lainnya yang masih mendapatkan perawatan di Rumah Sakit ini. Kami juga akan terus memantau perkembangan 2 kru KM Lambelu yang sedang dalam perawatan di 2 Rumah Sakit lainnya," ungkapnya.

"Manajemen akan terus mengawasi dan memperhatikan perkembangan kesehatan seluruh kru, baik yang sudah dinyatakan sembuh maupun yang kini masih dalam masa pemulihan," ungkapnya.

Selain itu, pemeriksaan swab juga dilakukan terhadap 66 kru KM Lambelu yang menjalani masa isolasi di atas kapal. Berdasarkan hasil pemeriksaan swab yang kedua, 43 kru dinyatakan negatif Covid-19. Yahya menerangkan, kru tersebut akan melakukan pemeriksaan swab kembali untuk memastikan benar-benar telah negatif dari paparan virus tersebut. Sedangkan untuk 23 kru kapal yang masih menunjukan hasil yang positif akan kembali dilakukan pemeriksaan swab.

"Kami pastikan seluruh kru mendapatkan perhatian dan dukungan yang diperlukan dari Manajemen serta pihak-pihak terkait untuk pemulihan di masa pandemi ini," tutup Yahya.

PELNI sebagai Perusahaan Badan Usaha Milik Negara yang bergerak pada bidang transportasi laut hingga saat ini telah mengoperasikan sebanyak 26 kapal penumpang dan menyinggahi 83 pelabuhan serta melayani 1.100 ruas.

Selain angkutan penumpang, PELNI juga melayani 45 trayek kapal perintis yang menjadi sarana aksesibilitas bagi mobilitas penduduk di daerah T3P dimana kapal perintis menyinggahi 275 pelabuhan dengan 3.739 ruas. PELNI juga mengoperasikan sebanyak 20 kapal Rede.

Sedangkan pada pelayanan bisnis logistik, kini PELNI mengoperasikan 4 kapal barang, 8 kapal tol laut serta 1 kapal khusus ternak. (ANP)