KDRT Meningkat Saat Wabah

• Wednesday, 29 Apr 2020 - 18:33 WIB
ksp.go.id

Jakarta - Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Moeldoko mengatakan pandemi Corona menimbukan dampak psikologi bagi masyarakat. Salah satu indikasinya, kata Moeldoko, banyaknya jumlah aduan mengenai kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT).

“Berdasarkan data dari LBH, Asosiasi Perempuan Indonesia untuk Keadilan (APIK) selama 16-30 Maret 2020 terdapat 59 kasus kekerasan seperti perkosaan, pelecehan seksual, dan online pornografi yang terjadi. Di antara kasus tersebut, 17 di antaranya adalah kasus KDRT,” kata Moeldoko saat peluncuran Layanan Psikologi untuk Sehat Jiwa (Sejiwa), Rabu (29/4/2020).

Masyarakat dapat mengakses Layanan Psikologi SEJIWA ini melalui panggilan 119 Extension 8 (panggilan bebas biaya).

Moeldoko mengatakan, banyaknya laporan KDRT tidak hanya terjadi di Indonesia. Beberapa negara juga mengalami hal serupa. Hal ini sebagaimana disampaikan Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) Antonio Guiterrez pada 5 April 2020 lalu.

“Menyatakan bahwa meningkatnya tekanan sosial dan ekonomi akibat pandemi Covid-19 telah menyebabkan meningkatnya kasus KDRT pada perempuan dan anak-anak. Di Prancis hingga sepertiga kasus dalam seminggu. Afrika Selatan ada 90 ribu kasus pengaduan KDRT. Australia menyatakan peningkatan pencarian online terkait layanan bantuan KDRT hingga 75 pesen pasca-pandemi,” ungkapnya.

Moeldoko meluncurkan layanan Sejiwa untuk membantu meningkatkan imun masyarakat. Pasalnya dalam hal penuntasan Corona terungkap faktor 20% persoalan kesehatan, 80% persoalan psikologi.

“Jika masyarakat tidak bisa menjaga psikologi mereka sendiri. Maka ada kecenderungan bahwa imunitas tubuh menjadi menurun. Justru hal itu yang menyebabkan seseorang terkena covid19 dan akhirnya menjadi lemah,” ujarnya.

(*)