Lockdown Virus Corona, Singapura Mulai Gunakan Drone untuk Jasa Kirim Barang

ANP • Wednesday, 29 Apr 2020 - 16:32 WIB

SINGAPURA - Singapura mulai menggunakan drone untuk jasa pengiriman brang, di tengah kekhawatiran penularan virus corona.

Pengiriman pertama dilakukan perusahaan F-drones, yakni pada 19 April 2020. Drone membawa 2 kilogram vitamin untuk para kru kapal milik Eastern Pacific Shipping di pelabuhan.

F-drones menyatakan, penerbangan pertama itu berlangsung selama 7 menit dengan jarak 2,7 kilometer.

Disebutkan, pengiriman menggunakan drone saat berguna karena mengurangi kontak antarmanusia. Dengan demikian potensi penularan bisa dikurangi.

“Selain efisien, pengiriman menggunakan drone juga mengurangi kontak antarmanusia yang tidak penting di tengah pandemi Covid-19,” kata CEO F-dornes, Nicolas Ang, dikutip dari AFP, Rabu (29/4/2020).

Perusahaan berencana mengembangkan perangkat sehingga drone bisa mengirim barang berbobot 100 kilogram dengan daya jelajah 100 km lebih pada pertengahan 2012.

Singapura memang tak seluas itu, namun jasa ini sangat berguna bagi industri kapal dan pertambangan lepas pantai.

Selama ini pengiriman ke lepas pantai dilakukan menggunakan kapal kecil dan helikopter. Namun penggunaan drone bisa hemat hingga 80 persen.

Otoritas penerbangan sipil Singapura menegaskan dukungan bagi jasa pengiriman barang menggunakan drone dan bekerja sama dengan para pelaku bisnis untuk membuat aturan mainnya. (ANP - Inews.id)