Pemkot Kendari Dapat Bantuan Dana dari Bank Sultra Untuk Tangani Covid-19

Mus • Wednesday, 29 Apr 2020 - 15:41 WIB

Kendari - Penanganan Covid-19 di Kota Kendari membutuhkan biaya yang besar. Hal ini menggerakkan Bank Sultra menyerahkan bantuan CSR sebesar Rp 100 juta.

Bertempat di Rujab Walikota Kendari, Rabu (29/04/2020), Wali Kota Kendari H. Sulkarnain Kadir yang menerima bantuan itu, mengucapkan terima kasih pada Bank Sultra yang telah memberikan dana CSRnya untuk penanganan dampak Covid-19 di Kota Kendari.

“Bantuan saat ini sangat bernilai bagi masyarakat bukan dilihat besarnya,” ungkapnya.

Wali kota mengatakan bantuan ini akan dialihkan dalam bentuk kebutuhan pokok masyarakat dan pengadaan alat untuk tenaga medis (APD).

Selain itu wali kota mengatakan, saat ini Pemkot Kendari tengah mempersiapkan penyaluran bantuan tahap ke dua untuk warga kurang mampu di Kota Kendari.

“Bantuan tahap ke dua ini akan dibagikan serentak, tapi bukan sehari tuntas, tapi jaraknya tidak terlalu jauh, nilainya juga kita tambah, Rp 150 ribu, karena jelang Idul Fitri,” jelasnya.

Bantuan ini rencananya akan dibagikan pada sekira 21 ribu warga kurang mampu di Kota Kendari. Saat ini bantuan itu masih dalam tahap pengepakan sekaligus verifikasi data.

“Tahap pertama mungkin masih ada warga yang belum tercover. Kita juga siapkan aplikasi, warga bisa mengecek sudah terdata atau belum,” tambahnya.

Wali Kota menambahkan, dalam waktu dekat Pemkot juga akan menyalurkan jaring pengaman sosial sebesar Rp 300 ribu untuk pedagang keliling, karyawan, nelayan, petani yang sebelumnya sudah didata.

“Penyalurannya nanti bekerjasama dengan Bank Sultra, karena Bank Sultra yang kami lihat paling siap,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur Umum Bank Sultra Abdul Latif mengatakan bantuan yang diberikan pada Pemkot Kendari berupa uang tunai karena Pemkot yang lebih paham kebutuhannya.

“Bantuan ini kami salurkan melalui gugus tugas, karena mereka yang paham kebutuhannya,” katanya.

Sedangkan untuk penyaluran Jaring Pengaman Sosial (JPS) dari Pemkot Kendari, katanya, Bank Sultra hanya sebatas fasilitasi dan mengatur secara teknis agar tidak terjadi penumpukan saat penyaluran. Sedangkan dananya sepenuhnya berasal dari Pemerintah Kota Kendari. (Hengky)