Ribuan Orang Mengunjungi Pantai California Ditengah Pandemi Virus Corona

Far • Tuesday, 28 Apr 2020 - 11:08 WIB
Getty Images

Newport Beach - Sekitar sepuluh ribu orang memenuhi pantai di California Selatan pada akhir pekan kemarin. Hal ini dikhawatirkan akan membuat usaha dalam membendung penyebaran COVID-19 di Amerika Serikat (AS) menjadi sia-sia.

Ramainya pantai-pantai tidak hanya terjadi di California, di negara bagian Florida ternyata juga mengalami hal yang sama. Dalam beberapa hari terakhir, dibukanya kembali taman dan pantai di AS telah menimbulkan perdebatan mengenai kekhawatiran kesehatan di Texas, Georgia, Mississippi, South Carolina dan beberapa negara bagian lain yang ingin bangkit dari lockdown.

Dilansir dari The Guardian (27/04/2020), gubernur California, Gavin Newsom memperingatkan masyarakat yang datang ke pantai dengan mengatakan bahwa “virus corona tidak libur pada akhir pekan”.

“Virus ini tidak pulang karena pantai ini indah dan disinari matahari” Ujar Gavin Newsom yang  pada minggu lalu juga  mengatakan kepada pengunjung pantai untuk melakukan physical distancing.

Warga memenuhi pantai Newport Beach pada 25 April 2020. Foto: Apu Gomes/AFP via Getty Images

Perdebatan mengenai dibukanya akses ke pantai kemungkinan besar akan semakin kuat seiring musim panas yang akan segara datang. Beberapa ahli berpendapat bahwa pemerintah harus mencari jalan untuk membolehkan masyarakat mengunjungi pantai sembari menghimbau untuk melakukan physical distancing dan beberapa langkah-langkah keamanan lainnya.

Pada Senin kemarin, enam kabupaten di California utara memperpanjang kebijakan pembatasan sosialnya sampai akhir Mei. Sampai saat ini California memiliki 43,364 kasus positif dan 1,755 kematian terkait COVID-19. Negara bagian California telah mengucurkan dana sebesar $4.4 miliar untuk jaminan pengangguran sejak 15 Maret.

(far)