KKP Bagikan 2.000 Paket Sembako untuk Nelayan 

ANP • Monday, 27 Apr 2020 - 21:14 WIB

SERANG - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) kembali menyerahkan bantuan langsung untuk masyarakat yang terkena dampak ekonomi imbas pandemi Covid 19. Sebanyak 2.000 paket sembako dan 5.000 lembar masker diberikan kepada nelayan di empat lokasi berbeda. 

Kegiatan ini merupakan rangkaian dari Bulan Bakti Peduli Nelayan yang digelar Ditjen Perikanan Tangkap sebagai bagian dari program Siaga Nelayan. 

"Ini adalah pembagian bantuan tahap dua dari Bulan Bakti Nelayan," kata Kepala Biro Umum dan Pengadaan Barang Jasa (PBJ) KKP, Miazwir, yang mewakili Plt. Sekjen KKP Komjen Antam Novambar, saat penyerahan bantuan di Pelabuhan Perikanan Nusantara Karangantu, Serang, Banten, Senin (27/4).

Miazwir menjelaskan, penyerahan bantuan paket sembako dan masker ini dilakukan di empat titik yakni Pelabuhan Perikanan Karangantu, Serang; Muara Kamal, Tangerang; Muara Gembong, Bekasi, dan Cilincing, Jakarta. 

Adapun jumlah bantuan yang diserahkan, masing-masing 500 paket sembako dan 1.250 buah masker. Miazwir berharap bantuan ini bisa sedikit meringankan beban ekonomi nelayan.

Usai memberikan sambutan, Miazwir bersama perwakilan dari Kepala Dinas Perikanan Kota Serang, menyerahkan paket bantuan secara simbolik kepada beberapa nelayan yang tinggal di sekitar Pelabuhan Perikanan Karangantu. Acara penyerahan bantuan sendiri dilakukan dengan mengikuti protokol penanganan Covid 19.

Kepala Pelabuhan Perikanan Nusantara Karangantu, Asep Saepullah, menambahkan sebanyak 500 paket sembako akan didistribusikan untuk warga RW 06 dan 07 Kampung Bugis dan Kebon Demang yang sebagian besar warganya berprofesi sebagai nelayan.

Dia mengatakan, bantuan akan diberikan secara door to door seusai buka puasa atau sahur nanti. "Ini demi ketertiban dan mencegah kerumunan. Kami juga sudah berkoordinasi dengan Kepolisian untuk pengawalan," kata Asep. 

Kepala Pelabuhan Perikanan Nusantara Karangantu, Asep Saepullah, menambahkan sebanyak 500 paket sembako akan didistribusikan untuk warga RW 06 dan 07 Kampung Bugis dan Kebon Demang yang sebagian besar warganya berprofesi sebagai  nelayan.

Dia mengatakan, bantuan akan diberikan secara door to door seusai buka puasa atau sahur nanti. "Ini demi ketertiban dan mencegah kerumunan. Kami juga sudah berkoordinasi dengan Kepolisian untuk pengawalan," kata Asep. 

Sementara itu, Agus, perwakilan nelayan yang mendapatkan bantuan, menyampaikan terima kasih kepada pihak Pelabuhan Karangantu dan juga Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Agus mengakui, pandemi ini cukup berdampak pada mata pencahariannya sebagai nelayan. "Yang beli enggak ada, harga juga jatuh," kata Agus. Dia mencontohkan harga jual rajungan di tingkat nelayan saat ini berkisar Rp25 ribu per kilogram.

Oleh sebab itu, Agus dan rekan-rekannya sesama nelayan sangat berterima kasih dengan adanya bantuan ini. "(Bantuan) ini  sangat membantu. Harapan kami semoga Corona segera berakhir," harap Agus yang juga Ketua RW Kebon Demang itu. (ANP)