Belva Devara Mundur dari Stafsus Presiden

• Tuesday, 21 Apr 2020 - 18:53 WIB
Instagram

Jakarta - CEO Ruangguru Adamas Belva Syah Devara menyatakan mundur dari jabatannya sebagai Staf Khusus Presiden Joko Widodo. Keputusan mundur terjadi di tengah polemik bantuan Kartu Prakerja dari pemerintah dengan memanfaatkan aplikasi Ruangguru.

Pengunduran diri itu diungkapkan melalui surat terbuka di akun Instagram, yang terverifikasi. Dalam beberapa menit, puluhan ribu akun telah memberi like pada pernyataan tersebut, termasuk @jokowi, Selasa (21/4/2020).

 

Belva diangkat sebagai stafsus bersama enam anak muda lainnya oleh Presiden Jokowi pada November 2019. Kehadiran para milenial ini sempat menuai sorotan.

Khusus Belva, namanya makin jadi kontroversi setelah di masa pandemi corona pemerintah mengucurkan bantuan sosial berupa Kartu Prakerja yang memanfaatkan Ruangguru.

Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (INDEF), yang juga sesama alumni beasiswa LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan), Bhima Yudhistira Adhinegara tidak hanya mengkritik melainkan menantang Belva untuk debat terbuka. Tantangan terkait keterlibatan milenial dalam perekonomian Indonesia, seperti dikutip dari iNews.id.

Sorotan terhadap Belva makin tajam. Sejumlah kalangan mengganggap ada konflik kepentingan di balik Kartu Prakerja itu.

(*)