WHO Ingatkan Masyarakat Harus Terbiasa dengan Lockdown sampai Vaksin Corona Ditemukan

ANP • Tuesday, 21 Apr 2020 - 13:57 WIB

BEIJING - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperingatkan negara-negara yang membuka lockdown. Wabah virus corona belum berakhir sepenuhnya sehingga ancaman gelombang kedua bisa saja terjadi.

Badan PBB tersebut mendesak agar lockdown tak dicabut sepenuhnya, melainkan dibuka secara bertahap.

Pencabutan lockdown juga tak boleh dilakukan terburu-buru karena berpotensi  membawa kembali virus.

Direktur WHO untuk Pasifik Barat Takeshi Kasai mengatakan, lockdown terbukti efektif untuk mencegah penyebaran virus corona meskipun menyiksa sebagian orang. Menurut dia, semua warga harus siap dengan perubahan cara hidup baru sampai wabah Covid-19 benar-benar bisa dikendalikan.

“Kita harus menyesuaikan hidup dan sistem kesehatan bersama dengan epidemi ini,” kata Kasai, dikutip dari Reuters, Selasa (21/4/2020).

Dia menegaskan, kehidupan baru bisa kembli normal setelah vaksin virus corona ditemukan, yang kemungkinan paling cepat akhir 2020.

“Setidaknya sampai vaksin, atau perawatan sangat efektif, ditemukan, proses ini (lockdown) harus menjadi kehidupan normal bagi kita,” ujarnya.

Negara yang mempertimbangkan mencabut lockdown harus melakukannya dengan hati-hati dan bertahap, sambil terus memantau perkembangan.

Selama virus corona masih beredar, lanjut dia, tidak ada satu pun negara yang aman dari wabah mematikan ini.

"Individu dan masyarakat harus siap dengan cara hidup baru," tuturnya, menegaskan. (ANP - Inews.id)