Jubir Presiden: Total Penyaluran Bansos Jabodetabek 1,9 Juta KK

ANP • Tuesday, 21 Apr 2020 - 11:02 WIB

JAKARTA - Pemerintah Pusat melalui Kementerian Sosial (Kemensos) meluncurkan bantuan sosial (Bansos) sembako bagi masyarakat yang terdampak Covid-19 mulai hari ini Senin (20/4/2020) sesuai arahan Presiden Joko Widodo. Penyaluran paket sembako bekerja sama dengan PT Pos Indonesia dan ojek online serta sebagian langsung melibatkan pos RT/RW sebagai bentuk pelaksanaan protokol kesehatan. 

Juru Bicara Presiden RI, Fadjroel Rachman, mengatakan, bansos sembako dari Pusat ini, berdasarkan data yang diumumkan Kemensos, berbasis keluarga miskin dan rentan terdampak Covid-19 yaitu untuk wilayah DKI Jakarta sebanyak 1.300.000 KK, dan Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Bodetabek) sebanyak 600.000 KK. Sehingga total penyaluran Bansos untuk wilayah Jabodetabek sebanyak 1,9 juta KK.

"Bansos sembako akan diberikan 2x dalam 1 bulan selama tiga bulan yakni April, Mei, dan Juni. Dalam 1 kali penyaluran Bansos sembako akan diberikan 1 kantong senilai Rp300.000. Sehingga total ada 6 kali penyaluran," ujarnya.

Selain itu, menurutnya, Pemerintah pusat memberikan Bansos sembako untuk wilayah Luar Jabodetabek yang terdampak COVID-19. Kuota tiap daerah berbeda-beda.

Penyaluran Bansos sembako ini untuk memenuhi kebutuhan dasar keluarga miskin dan rentan terdampak Covid-19, termasuk untuk para pihak agar tidak mudik untuk mencegah penyebaran Covid-19. (ANP)