Menteri Edhy: #Dirumahaja Tapi Tetap Produktif 

ANP • Monday, 20 Apr 2020 - 19:35 WIB

JAKARTA - Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo membagikan video berlatar lagu "Di Rumah Aja" melalui akun media sosialnya. Dia mengajak masyarakat untuk di rumah saja, namun tetap produktif dan optimistis menghadapi pandemi Covid-19.

Lagu "Di Rumah Aja" bercerita mengenai seruan untuk di rumah saja agar terhindar dari Covid-19 yang dilantunkan penyanyi asal Aceh, Rial Doni bersama pedangdut Ucie Sucita.

Dalam video berdurasi 3 menitan itu digambarkan sejumlah aktivitas kelautan dan perikanan, seperti bongkar muat ikan dari kapal, patroli laut, hingga proses ekspor produk perikanan. 

Terselip juga potongan tulisan-tulisan yang mengajak masyarakat untuk tetap di rumah dan petugas KKP yang tetap bekerja dengan menggunakan seluruh protokol penanganan Covid 19. "Kalian Di Rumah Saja Kami Tetap Melaut", "Kalian Tenang, Stok Ikan melimpah". 

"Semangat Pagi... Sebuah lagu kami persambahkan untuk para sahabat dimanapun berada. Meski #dirumahaja, kita tetap harus produktif, harus optimis, dan tetap semangat," tulis Menteri Edhy menyertai unggahan lagu tersebut.

Menteri Edhy juga berharap masyarakat rutin makan ikan. Protein pada ikan diketahui sangat baik untuk menjaga daya tahan tubuh.

"Jaga kebersihan, jaga kesehatan, selalu berolahraga, dan jangan lupa makan ikan," tambahnya.

Postingan video dengan lagu "Di Rumah Aja" mendapat respons positif dari netizen. Beberapa penghuni jagad maya berkomentar cukup terbantu dengan kinerja KKP melalui Balai Karantina, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM). 

Unit kerja eselon I KKP ini salah satunya mengurusi mutu produk perikanan yang akan diekspor.

"Terima kasih sebesar-besarnya untuk Pak Menteri dan BKIPM yang terus semangat membantu kami dalam kelancaran ekspor. Meskipun dalam situasi sulit di tengah wabah Covid-19, kami selalu dilayani dengan baik," tulis akun @suntoro.dedi.

Sekadar informasi, lagu "Di Sumah Saja" dirilis di akun Instagram RialDoni Official tiga hari lalu. Mereka menyanyikan lagu tersebut sebagai bentuk kontribusi dalam membantu pemerintah menyebarkan pesan untuk tetap di rumah saat pandemi.

Lagi tersebut terinspirasi dari tagar #Dirumahaja yang menjadi hashtag paling banyak diposting netizen selama pandemi. Sedikitnya 5 juta pengguna tanda pagar itu ikut berkontribusi untuk saling peduli dan mengingatkan satu sama lain. (ANP)