Sutradara Contagion Memimpin Gugus Tugas

• Friday, 17 Apr 2020 - 16:06 WIB

Los Angeles - Sutradara Steven Soderbergh ditunjuk Directors Guild of America (DGA), atau serikat sutradara Amerika, sebagai ketua gugus tugas, untuk memberi rekomendasi kapan waktu aman bagi para sineas kembali bekerja.

Penunjukkan ini seiring dengan pernyataan gugus tugas pemerintah AS dari Gedung Putih, yang merilis langkah-langkah pembukaan kembali perekonomian, Kamis (16/4/2020).

Bersama anggota dari berbagai kategori, Soderbergh ditugaskan memeriksa secara menyeluruh atas masalah yang dihadapi, dan untuk membuat rekomendasi kepada DGA. Gugus tugas akan berkonsultasi dengan ahli epidemiologi terkemuka, dan serikat sesama pekerja film lainnya, seperti produser, penulis, dan pelakon, untuk menyusun panduan komprehensif, yang dapat membantu mereka kembali bekerja dengan selamat.

Pada tahun 2011, Soderbergh pernah menyutradarai kisah tentang penyebaran virus dari binatang, "Contagion", yang diperankan oleh Marion Cotillard, Matt Damon, Jude Law, dan Gwyneth Paltrow.

Karena diproduksi dengan berkonsultasi bersama para ahli, film ini diterima dengan baik oleh para ilmuwan, yang memuji akurasi peristiwa penularan virus, penanganan, penelusuran, dan mitigasinya, meski memang tetap fiksi.

Bahkan pada masa Pandemi Virus Corona tahun ini, "Contagion" pun kembali dibicarakan. Thriller dari Warner Bros. Puctures ini menjadi salah satu film yang banyak diminta, saat masa awal 'lockdown' di AS.

(*)