Upaya Kopi Kenangan Pastikan Kebersihan

• Friday, 17 Apr 2020 - 07:34 WIB

Jakarta - Di tengan wabah COVID-19, peritel minuman grab-and-go Kopi Kenangan yang tengah berkembang pesat saat ini, menerapkan langkah-langkah dan upaya dalam memastikan kebersihan, sekaligus memberikan rasa tenang dan aman bagi para karyawan, mitra pesan antar dan pelanggan.

Chief Operating Officer dan Co-Founder Kopi Kenangan James Prananto mengatakan, “Sejak awal berdirinya Kopi Kenangan tiga tahun lalu, core value kami adalah untuk selalu membawa kesenangan bagi tiap orang melalui tiap gelas kopi yang kami sajikan. Saat ini pun, kami ingin terus dapat melayani dan membawa segelas kebahagiaan bagi pelanggan kami, terutama dalam situasi seperti saat ini."

Bagi Kopi Kenangan, segelas kebahagiaan dimulai dari rasa aman dan nyaman. Oleh sebab itu, Kopi Kenangan menempatkan kesehatan pelanggan dan mitra pesan antar serta kesejahteraan karyawan sebagai prioritas utama melalui penerapan kampanye SENANG atau Sehat Bareng Kenangan yang secara efektif telah dimulai pada 9 Maret 2020. Lewat kampanye ini, Baperista (barista Kopi Kenangan) dan pelayan Kopi Kenangan diwajibkan untuk:

1. Melakukan pengecekan suhu tubuh sebelum memulai pekerjaan yang kemudian diulang setiap 6 jam sekali. Baperista dengan suhu tubuh di bawah 37,5°C wajib menggunakan STIKER AKU SEHAT sebagai penanda.

2. Melakukan pembersihan area kerja, termasuk meja saji, kasir, mesin Electronic Data Capture (EDC) dan materi promosi, setiap satu jam sekali

3. Mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer setiap 20 menit sekali

4. Menggunakan masker wajah dan sarung tangan non-medis di area kerja

5. Menyertakan SENANG Care Card di setiap pesanan online. Di SENANG Care Card, suhu tubuh Baperista yang membuat dan mengecek produk, serta mitra pesan antar yang mengantar produk wajib dites dan dicatat untuk kemudian diberikan kepada pelanggan.

6. Menyegel pesanan online menggunakan tali plastik untuk memastikan produk steril saat diterima pelanggan.

Untuk mengoptimalkan sterilisasi peralatan, Kopi Kenangan juga menginvestasikan lebih dari 300 Upang UV Waterless Sterilizer untuk digunakan di seluruh gerai Kopi Kenangan. Mesin yang bekerja menggunakan sinar lampu UV ini dapat membunuh 99.99% virus, bakteri serta kuman, dan telah mendapatkan sertifikasi aman dari FDA (Food and Drug Administration), JFRL (Japan Food Research Laboratory) dan berbagai lembaga pengawas lain di dunia.

Keseriusan Kopi Kenangan terhadap aspek kesehatan pelanggan dan kebersihan produk menjadikan Kopi Kenangan peritel minuman pertama di Indonesia yang menerapkan sistem sterilisasi tersebut.

“Pengadaan Upang UV Waterless Sterilizer ini merupakan komitmen kami untuk memastikan peralatan-peralatan yang digunakan dalam membuat produk Kopi Kenangan, seperti shot glass, jug, measuring cup dan lainnya, tetap steril serta aman,” jelas James.

Selain upaya di atas, kampanye SENANG juga menyediakan hand sanitizer di setiap Rumah Mantan (gerai Kopi Kenangan) untuk digunakan pelanggan. Kopi Kenangan juga ikut serta mendukung peraturan pemerintah dalam membatasi kontak fisik dengan meniadakan area duduk di seluruh gerai Kopi Kenangan.

Kopi Kenangan juga mengerahkan upaya untuk memastikan perlindungan bagi Teman Mantan atau pegawai Kopi Kenangan dengan cara memberikan donasi internal berbentuk penyediaan peralatan penjagaan kesehatan. “Kopi Kenangan menyediakan hand sanitizer dan masker pakai ulang yang dapat dibawa pulang dan digunakan seluruh tim operasional toko di luar jam kerja. Hal ini kami lakukan untuk memastikan karyawan Kopi Kenangan sehat, bukan hanya di area kerja, tapi juga saat mereka berada di rumah atau di luar area kerja,” tambah James.

Kampanye ini dilakukan untuk melindungi karyawan, mitra serta pelanggan serta memberikan mereka rasa aman dalam membeli serta bekerja sehari-hari. Terlebih bagi karyawan Kopi Kenangan, upaya ini sekaligus menjadi bentuk apresiasi atas kerja keras yang telah mereka lakukan sebagai garda utama gerai Kopi Kenangan setiap harinya dalam memastikan setiap pelanggan mendapatkan segelas kopi yang dapat memberikan kebahagiaan.

Setelah hampir tiga tahun beroperasi, kini Kopi Kenangan telah memiliki lebih dari 300 gerai dan menjual lebih dari 3 juta gelas per bulan. Program SENANG berlaku di seluruh gerai Kopi Kenangan dan akan terus menerapkan langkah-langkah penerapan physical distancing (pembatasan fisik) melalui perpaduan pembelian online dan offline lewat aplikasi Kopi Kenangan agar pelanggan dapat melakukan pembelian dengan kontak fisik seminimal mungkin.

Kopi Kenangan adalah gerai minuman non-franchise berkonsep grab-and-go dengan pertumbuhan tercepat di Indonesia. Memiliki lebih dari 300 gerai dan menjual lebih dari 3 juta cangkir setiap bulan, Kopi Kenangan yang didirikan pada 2017 berhasil mengisi sweet spot antara kopi berharga tinggi yang disajikan pebisnis kopi internasional dan kopi instan yang dijual di kios pinggir jalan. Melalui pemahaman dan eksplorasi kami akan cita rasa lokal serta model 'ritel baru' yang berfokus pada pengalaman pelanggan, Kopi Kenangan memiliki visi untuk menjadi bisnis minuman terbesar di Indonesia, bahkan Asia, melalui produk berkualitas yang terjangkau, servis cepat dan ramah, quality control, serta pengembangan bisnis yang kreatif.

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi www.kopikenangan.com 

(*)