PON Papua Berpotensi Ditunda

• Wednesday, 15 Apr 2020 - 18:17 WIB
kemenpora.go.id

Jakarta - Penyelenggaraan PON XX di Papua yang dijadwalkan berlangsung pada Oktober-November 2020 kini berpotensi diundur akibat mewabahnya Virus Corona (Covid-19). Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali pun saat ini belum bisa memberikan kepastian terkait nasib penyelenggaraan even multiolahraga nasional tersebut.

Sebelum ini, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) telah melakukan rapat dengan Komisi X DPR RI untuk membahas PON 2020 Papua. Dalam rapat tersebut, Komisi X DPR RI mendesak Kemenpora untuk menunda pelaksanaan PON 2020, mengingat situasi sedang tidak kondusif akibat Covid-19 yang berdampak ke banyak faktor. Seperti misalnya, pembangunan venue yang terhambat.

Usulan untuk menunda PON 2020 Papua juga datang dari KONI Pusat dan Daerah setelah mempertimbangkan berbagai hal. Bahkan, Gubernur Papua, Lukas Enembe, telah mengirimkan surat ke Kemenpora untuk mengkaji lagi penyelenggaraan PON 2020 di tengah situasi pelik ini.

Kendati demikian, Zainudin tidak bisa memberikan keputusan akhir. Sebab, keputusan ditunda atau tidaknya penyelenggaraan PON 2020 berada di tangan Presiden RI, Joko Widodo. Maka dari itu, dalam waktu dekat, akan diadakan rapat kabinet dengan Presiden untuk membahas nasib PON 2020 Papua.

“Penentuan PON diputuskan melalui rapat kabinet. Maka dari itu, kewajiban saya sebagai menteri melaporkan dulu ke bapak presiden dalam rapat kabinet dan itu yang akan jadi keputusan. Kapan dilaksanakannya? Saya inginnya segera. Saya sudah meminta rapat terbatas kabinet untuk fokus membahas PON ini,” ujar Zainudin dalam konferensi pers, Rabu (15/4/2020).

Menurut Menpora Zainudin, dengan adanya wabah Covid-19, maka pengerjaan besar di sana terhenti. Sebagian dari pekerja-pekerja yang membangun venue dan penginapan-penginapan itu berasal dari luar Papua, sehingga mobilitasnya terganggu.

"Saya sudah mendapat surat dari Gubernur Papua. Di dalam surat itu, meski tidak tegas minta penundaan, namun ditulis mohon pertimbangannya. Sebab, konsentrasi seluruh sumber daya di Papua dimanfaatkan untuk penanganan Covid-19,” tandas Zainudin.

(*)