Veteran Perang Berusia 99 Tahun dari Inggris Menggalang Dana Sebesar 4 Juta Pounds untuk Penanganan Covid-19

Far • Wednesday, 15 Apr 2020 - 12:36 WIB
BBC

Veteran berusia 99 tahun dari Inggris, Capt Tom Moore, menggalang dana sebesar £4 juta (empat juta Pounds) untuk National Health Service (Layanan Kesehatan Nasional) dengan berjalan mengelilingi taman belakang rumahnya sebanyak 100 kali sebelum ulang tahun ke 100-nya.

Pada awalnya ia berencana untuk menggalang 1,000 pounds saja dari kegiatan ini. Namun, setelah kegiatan penggalangan dilakukan pada 8 April dan ternyata telah terkumpul 70,000 pounds hanya dalam 24 jam, ia memperbesar target penggalangannya dan sudah mencapai £1 juta pada Selasa pagi (14/04/2020). Pada pukul 3.30 petang, ia berhasil mengumpulkan £2 juta, dan mencapai £3 juta pada malam Selasa.

“Ini hampir mustahil bukan? Ketika kau memikirkan untuk siapa ini dilakukan, mereka sangat berani.. aku pikir mereka pantas mendapatkannya” Ucap Moore seperti yang dikutip dari BBC.

Dalam sehari, ia berjalan 10 putaran mengelilingi taman belakangnya yang dibantu dengan tongkat jalan. Moore berharap akan mencapai 100 putaran tepat ketika hari ulang tahunnya pada 30 April – namun menurut anaknya, Hannah, ia kemungkinan besar akan mencapai tujuannya pada Kamis ini.

“Aku pikir ini sangat luar biasa. Aku sangat senang melakukan ini dan melayani perawat kita dokter kita dan semua orang-orang yang berada di NHS” Ujarnya.

Moore merupakan bagian dari angkatan bersenjata Inggris pada masa Perang Dunia II, dan pada 1940 ia terpilih menjadi perwira yang ditempatkan di India dan Sumatera.

Semua dana yang dikumpulkan Moore akan disumbangkan ke NHS Charities Together untuk membiayai APD staf medis di garis depan, serta perangkat elektronik bagi pasien untuk berkomunikasi dengan keluarga mereka saat dalam isolasi.

(Far)