Konser Memukau Andrea Bocelli “Music for Hope” Disiarkan Langsung dari Katedral Milan yang Kosong

Mus • Monday, 13 Apr 2020 - 20:28 WIB

Milan - Andrea Bocelli dan kekuatan suaranya mengirimkan pesan Paskah yang memukau dalam “Music for Hope: Live from Duomo di Milano”, sebuah konser yang digaungkan secara langsung ke seluruh dunia dari katedral yang kosong, Minggu (12/4/2020).

Dilansir USA Today, Senin (13/4/2020), Bocelli, 61, yang buta sejak usia 12 tahun, hanya berbicara selama adegan pembuka, yang menampilkan flyover Katedral Milan dengan 135 menaranya dan kota yang tampak sangat sepi. Penyanyi opera Italia itu mengatakan ia dengan senang hati menerima kesempatan untuk mengirimkan pesan Paskah meski tanpa penonton langsung, sebab warga tidak diizinkan datang ke katedral di tengah situasi wabah COVID-19.

“Pada hari kita merayakan kepercayaan atas kehidupan yang menang, saya merasa terhormat dan dengan senang hati menjawab ‘Ya’,” kata Bocelli. “Berkat musik yang disiarkan secara langsung dan menyatukan genggaman jutaan tangan di seluruh dunia, kita akan memeluk hati Bumi yang berdenyut dan sedang terluka saat ini," ucapnya.

Bocelli, yang mengenakan dasi hitam, menyanyikan empat lagu di dekat altar. Ia berdiri agak jauh dari organis katedral Emmanuelle Vianelli.

Ia menampilkan “Panis Angelicus”, “Ave Maria”, “Sancta Maria” dan “Domine Deus” tanpa berkomentar. Dalam keheningan di antara lagu-lagu yang dinyanyikannya, bahkan suara terkecil sekalipun bergema di dalam katedral berbentuk cekung, yang terbesar di Italia itu.

Bocelli kemudian berjalan dari pintu perunggu berornamen ke alun-alun katedral menuju sebuah mikrofon tunggal dan melanjutkan penampilan terakhirnya yang memukau dalam lagu “Amazing Grace” secara acapella. Ketika suaranya bergema melewati alun-alun yang kosong, kamera menjauh untuk menunjukkan bagian depan katedral yang putih dan terkenal dengan segala kemegahannya.

Musik organ lalu mulai mengiringi penampilan pamungkas Bocelli pada saat kamera menunjukkan suasana trotoar yang kosong melompong dan jalan-jalan di sekitar lokasi terkenal di dunia seperti Menara Eiffel di Paris, Trafalgar Square di London, dan Times Square di New York. 

Hingga penghujung 25 menit konser Bocelli di Katedral Milan, lebih dari 2,8 juta pemirsa di seluruh dunia menyaksikan langsung penampilan penyanyi tenor ini. Rekamannya di kanal YouTube hingga kini telah ditonton oleh lebih dari 26,7 juta audiens. (lic)