Inisiatif Mekari Tanggulangi Penyebararan Covid-19

• Tuesday, 7 Apr 2020 - 13:26 WIB

Jakarta - Perusahaan Software as a Service (SaaS) di Indonesia Mekari berusaha untuk memberikan kontribusi aktif dalam merespon keadaan ini dengan penerapan work from home (WFH) bagi seluruh karyawan dari sisi internal, hingga berpartisipasi dalam penggalangan dana melalui gerakan Indonesia Pasti Bisa, serta menghadirkan beragam produk serta promo yang akan  memudahkan HR, karyawan, hingga pemilik usaha di masa social distancing ini.

CEO Mekari Suwandi Soh mengatakan, “Dengan kondisi saat ini, kami merasa bertanggung jawab untuk turut melawan pandemi Covid - 19. Penerapan WFH secara tanggap menjadi prioritas utama kami untuk memastikan kesehatan dan keamanan karyawan. Tetapi, tim People di Mekari juga bekerja keras memastikan prosedur WFH yang produktif melalui absensi online, penerapan daily standup meeting, hingga membuat weekly goals agar performa bisnis perusahaan tetap terjaga, dll.," Jumat (3/4/2020).

Di sisi lain, Mekari percaya bahwa masa - masa sulit ini dapat dilewati asal seluruh elemen masyarakat saling berkontribusi, sekecil apapun itu. Suwandi menambahkan, “Kami turut berpartisipasi dalam gerakan Indonesia Pasti Bisa yang mendukung riset dan pengembangan test-kit Covid - 19 di Indonesia. Kami percaya bahwa semangat gotong royong serta kolaborasi dari seluruh elemen masyarakat dan pemerintah akan menjadi kekuatan besar bagi kita semua untuk bangkit melawan pandemi ini.”

Sekilas mengenai Indonesia Pasti Bisa, sebuah gerakan yang diinisiasi oleh East Ventures, guna membantu pemerintah dalam menekan penyebaran Covid - 19, dengan memanfaatkan jaringan investor, perusahaan, komunitas hingga entrepreneur yang dimiliki East Ventures. Melalui program ini, East Venture berusaha mengumpulkan pendanaan dengan target Rp10 miliar yang akan digunakan untuk mendukung inisiatif Nusantics menyediakan 100.000 test kit secara gratis dan juga proyek whole genome sequencing.

Tidak hanya berkontribusi dalam gerakan Indonesia Pasti Bisa, Mekari melalui beberapa produknya memberikan kemudahan bagi perusahaan ataupun pemilik usaha agar dapat menjalankan bisnis secara optimal dengan bantuan teknologi di masa pandemi ini. Misalnya perusahaan dapat mencoba absensi online dengan aplikasi Attendance by Talenta secara gratis selama 120 hari, diskon hingga 35% bagi pemilik usaha yang mau berlangganan software akuntansi Jurnal, hingga melakukan pelaporan pajak secara online dengan Klikpajak sebagai salah satu mitra resmi Direktorat Jenderal Pajak.

Mekari melalui salah satu produknya yakni Talenta, software HRIS & payroll berbasis cloud, juga menginisiasi health-check survey yang dapat diakses oleh seluruh pengguna aplikasi mobile Talenta. Fitur ini merupakan seperangkat survei kesehatan yang dikirimkan kepada karyawan melalui push notification untuk mengecek kondisi kesehatan mereka masing - masing. “Kami percaya, saat ini kondisi kesehatan karyawan pasti menjadi prioritas utama seluruh perusahaan. Kehadiran health-check survey di aplikasi mobile Talenta ini diharapkan bisa membantu teman - teman HR di perusahaan untuk memantau kondisi kesehatan masing - masing karyawan dan sebagai pengingat awal bagi HR jika ada karyawan yang membutuhkan perhatian khusus atas kesehatannya,” tambah Suwandi.

---

Tentang Mekari
Mekari menghadirkan solusi operasional SDM & Keuangan yang terbuka dan dapat diakses setiap pemilik usaha di Indonesia, dibangun dengan infrastruktur berbasis cloud dan teknologi terdepan, Mekari siap berkontribusi dalam mendigitalisasi UKM Indonesia demi meningkatkan daya saing bisnis. 

Produk yang dikembangkan oleh Mekari : 

● Talenta - Produk software yang mendukung pertumbuhan bisnis dengan lebih cepat melalui automasi payroll dan Human Resource Information System (HRIS).

● Jurnal - Produk software akuntansi online berbasis cloud bagi para pelaku bisnis untuk mengelola finansial dan pembukuan bisnis.

●  Sleekr - Produk software HR #1 yang memberikan solusi dalam mengelola administrasi HR dengan praktis dan andal.

● Klikpajak - Aplikasi pengelolaan pajak berbasis online untuk pribadi maupun bisnis badan telah menjadi mitra pajak resmi dari Direktorat Jenderal Pajak Indonesia.