Jokowi: Dulu Masker Hanya untuk Orang Sakit, Sekarang yang Keluar Rumah Wajib Pakai!

• Monday, 6 Apr 2020 - 10:46 WIB
Presiden Jokowi saat memimpin ratas via telekonferensi. (Foto: Istimewa)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo menegaskan agar semua orang yang terpaksa keluar rumah harus mengenakan masker untuk mencegah tertular virus corona. Hal itu sejalan dengan seruan Gubernur Jakarta Anies Baswedan yang menganjurkan hal sama.

Pesan itu disampaikan Presiden Jokowi dalam rapat terbatas bersama menter-menteri Kabinet Indonesia Maju melalui telekonferensi, Senin (6/3/2020). Jokowi mengatakan anjuran memakai masker itu juga berdasarkan imbauan World Health Organization (WHO).

"Saya terakhir membaca bahwa WHO menganjurkan agar semuanya memakai masker," kata Jokowi.

Mantan Wali Kota Solo itu mengatakan imbauan itu memang berbeda dengan sebelumnya yang mengatakan agar masker hanya digunakan oleh yang sakit. Seiring berkembangnya laju penambahan pasien positif corona di dunia dan Indonesia, masyarakat diminta meningkatkan kewaspadaannya.

"Awalnya WHO menyampaikan masker hanya untuk yang sakit. Tapi sekarang tidak, semua yang keluar hrus pakai masker," ujarnya.

Oleh karena itu Jokowi berharap semua pihak bahu membahu menyiapkan masker agar semua masyarakat Indonesia terlindungi dari virus ini. Dia juga meminta aparat penegak hukum memastikan tak ada penimbunan masker.

 

Editor : Rizal Bomantama

Sumber: iNews.id