Walikota Kendari Evaluasi Pelaksanaan Pengawasan Wilayah Perbatasan

• Thursday, 2 Apr 2020 - 06:16 WIB

Kendari - Pemkot Kendari mengevaluasi instruksi Pengawasan Wilayah Perbatasan Kota Kendari guna menanggulangi penyebaran dan pencegahan Covid-19 di Kota Kendari yang dimulai 1 April 2020.

Adanya foto yang menggambarkan penumpukan pelintas yang akan masuk Kota Kendari melalui gerbang perbatasan Baruga - Ranomeeto di media sosial, mendapat tanggapan.

Walikota Kendari H. Sulkarnain Kadir menyampaikan bahwa memang terjadi penumpukan masyarakat yang akan masuk ke kota Kendari khususnya. "ini memang tidak bisa terelakkan karena kita ingin memberikan perlindungan masyarakat yang di kota Kendari, sehingga siapapun yang melintas kita pastikan sesuai prosedur yang ditetapkan. Solusinya satu, kurangi perjalanan, tunda perjalanan yang anda lakukan, kalau perlu batalkan karena dengan begitu akan mengurangi penumpukan, akan membuat petugas kita dilapangan itu bisa leluasa dalam melakukan pemeriksaan," himbau Sulkarnain. 

Walikota Kendari meminta warga mematuhi arahan pemerintah. Bila tidak terlalu terdesak, tidak terlalu penting, tidak darurat, maka urungkan niat untuk melakukan perjalanan baik masuk atau keluar kota Kendari.

Sementara yang menjadi prioritas pemkot saat ini diantaranya:

Pertama, ambulance untuk membawa pasien, baik itu pasien covid maupun pasien umum yang dirujuk masuk ke kota Kendari.

Kedua, pihak-pihak yang akan mensuplai bahan pokok kebutuhan masyarakat. 

Ketiga, yang akan melaksanakan tugas-tugas kedinasan, baik itu instansi pemerintah ataupun instansi swasta yang dibuktikan dengan administrasi memadai untuk membuktikan yang bersangkutan benar-benar sedang melaksanakan tugas. 

Selebihnya diminta sebaiknya untuk tetap di rumah saja, karena dengan begitu akan mengurangi potensi penumpukan orang dan meminimalkan potensi penularan.

Seperti diberitakan sebelumnya, sesuai Instruksi yang dikeluarkan, mulai berlaku pada tanggal 1 April 2020 pukul 09.00 WITA dan akan dievaluasi pelaksanaannya disesuaikan dengan situasi serta kondisi Wilayah Kota Kendari. (Hengky)