Pasien Positif Covid -19 di Jatim meningkat Tajam, Daerah Terjangkit Meluas

• Saturday, 21 Mar 2020 - 20:13 WIB

Surabaya - Perkembangan jumlah pasien positif Covid -19 di Jawa Timur menunjukan kenaikan yang tajam. Dalam konferensi pers malam ini di Gedung Negara Grahadi, Sabtu (21/3/2020) Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyebutkan  jumlah secara keseluruhan yang berstatus ODP mencapai 898 pasien.

"Seperti yang disampaikan dr Yuri bahwa jumlah positif covid -19 di Jawa Timur bertambah 11 orang sehingga total mencapai 26 orang. Sementara yang PDP 79 pasien dan ODP 793 orang. Sehingga total saat ini menjadi 898 orang," ujar Khofifah 

Dari jumlah tersebut, jumlah pasien yang positif menjadi perhatian serius dari Pemprov Jatim. Setidaknya di Surabaya bertambah 7 orang, Magetan 3 orang, Sidoarjo 1 orang dan Malang 1 orang. 

"Dengan tambahan jumlah pasien yang positif ini, saya kembali mengimbau masyarakat untuk melakukan social distancing, jaga kebersihan dan juga untuk tidak berada di dalam kerumunan atau kegiatan besar, yang berpotensi menjadi area penularan," ujar mantan Mensos tersebut.

Dari jumlah penambahan itu, Surabaya yang paling tinggi yaitu bertambah 7 pasien yang positif sehingga total menjadi 20 orang. Sementara yang berstatus PDP 13 dan 110 ODP .

"Daerah yang ditemukan pasien positif Corona saat ini menjadi daerah terjangkit, karenanya perlu ada perhatian khusus baik dari pemda maupun masyarakat. Ajakan dan saran agar melakukan langkah pencegahan seperti social distancing harus benar benar diterapkan, agar kasus ini bisa dikendalikan," lanjut Khofifah.

Sementara itu terkait dengan pasien yang telah berstatus PDP, Khofifah mengatakan bahwa mereka bisa meminta rumah sakit yang telah ditunjuk sebagai rujukan untuk melakukan swab secara gratis.

"Mereka yang telah dinyatakan PDP bisa secepatnya minta dilakukan Swab oleh rumah sakit rujukan dengan biaya ditanggung oleh Pemprov Jatim," tegasnya. (Hermawan)