Cegah Penyebaran Virus Covid-19, Pemkot Kendari Siapkan 35 Unit Disinfektan

• Saturday, 21 Mar 2020 - 18:12 WIB

Kendari - Sebagai upaya mencegah  penyebaran virus Covid-19, Pemkot Kendari menyediakan 35 unit disinfektan semprot.

Wali Kota Kendari, H. Sulkarnain Kadir, Sabtu (21/03/2020) mengatakan alat semprot Ini diprioritaskan di 11 kecamatan. "Kalaupun ada instasi pemerintah atau swasta misalnya perbankan, yang tidak menghentikan layanan, dan ingin room officenya disterilisasi bisa langsung berkoordinasi dengan kami melalui Dinas Kesehatan," kata Sulkarnain.

Lebih lanjut Sulkarnain mengatakan, mulai besok Minggu (22/3/2020) petugas BPBD kota bersama dengan personil Satuan Pol-PP akan turun  memback-up penyemprotan di beberapa lokasi yang memungkinkan terjadi penyebaran virus corona, secara terjadwal hingga 14 hari.

"Mulai besok kita akan turun menyemprot, karena dengan cara inilah kita bisa meminimalisir terjadinya penyebaran virus corona ini," ucapnya.

Sebagai langkah awal penyemprotan, BPBD Kota Kendari, telah melakukan penyemprotan di area parkir, ruang tunggu penumpang, serta bagian jalur kenaikan penumpang di pangkalan penyeberangan pelabuhan Kendari.

Upaya yang tengah dilakukan oleh pemerintah kota ini juga merupakan hasil koordinasi dengan pemerintah provinsi dan tim Satgas Covid-19.

Pemerintah juga telah mengalokasikan beberapa anggaran kontigensi sebagai upaya pencegahan dan penanganan virus berbahaya ini.

"Kita buka peluang donasi ataupun sukarelawan yang ingin ikut membantu dalam pencegahan covid-19 ini, pengusaha misalnya, kalau punya stok masker banyak bisa didonasikan kepada kami, mudah-mudahan ini semua bisa meringankan dan memberi ketenangan bagi seluruh masyarakat kota kendari", pungkas Sulkarnain. (Hengky)