Tingkatkan Keselamatan dan Keamanan Pelayaran Jelang Lebaran 2020, KSOP Panjang Uji Petik Kapal Penumpang

• Thursday, 19 Mar 2020 - 13:21 WIB

PANJANG - Dalam rangka  meningkatkan keselamatan, keamanan dan kenyamanan pelayaran khususnya menjelang penyelenggaraan Angkutan Laut Lebaran Tahun 2020 (1441 H) di wilayah Bandar Lampung dan sekitarnya, Kementerian Perhubungan cq Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan melalui Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Panjang mulai melakukan kegiatan Inspeksi Keselamatan (uji petik) bagi kapal penumpang di Pelabuhan Panjang.

Kegiatan uji petik Kapal ini dipimpin langsung oleh Kepala KSOP Kelas I Panjang, Andi Hartono dengan melibatkan beberapa Pejabat Pemeriksa Kapal (Marine Inspector).

“Kegiatan Inspeksi Keselamatan (uji petik) kapal penumpang ini akan rutin kami lakukan, terutama menjelang masa Angkutan Lebaran Tahun 2020 (1441 H),” kata Andi di Dermaga C Pelabuhan Pelindo II Cabang Panjang, hari ini (19/3).

Menurutnya kegiatan seperti ini merupakan upaya penanganan dini dalam meminimalisir kecelakaan saat berlayar dan memastikan keselamatan berlayar bagi kapal yang akan bertolak dari Pelabuhan Panjang. 

“Alhamdullilah, telah dilakukan pemeriksaan terhadap Kapal Roll On Roll Off (RoRo) KM Mutiara Timur I dengan rute Pelabuhan Panjang Lampung menuju Pelabuhan Tanjung Mas Semarang yang dioperasikan oleh PT Atosim Lampung. Ada temuan minor tetapi secara keseluruhan hasilnya baik,” ujar Andi. 

Andi juga mengatakan Inspeksi keselamatan terhadap kapal penumpang dilakukan dengan memeriksa seluruh bagian kapal, mulai dari anjungan, deck penumpang, ruang mesin, deck kendaraan termasuk pengujian alat-alat keselamatan dan pertolongan seperti alat navigasi pelayaran (GPS, AIS, dll), alat pemadam kebakaran, alat angkut darurat (Life Raft, Sekoci), Life Jacket dan sebagainya. Selain itu, dilakukan juga pengukuran suhu tubuh bagi Anak Buah Kapal dengan menggunakan alat pengukur suhu Laser Thermometer Gun. 

“Kami ingin memastikan bahwa kapal berikut ABKnya dalam kondisi yang prima, dan kami tegaskan bagi manajemen pemilik kapal untuk segera memenuhi terhadap beberapa temuan minor oleh Tim Pemeriksa yang harus segera dipenuhi guna meningkatkan keamanan dan keselamatan kapal selama dalam pelayaran,” kata Andi.

Menanggapi hasil temuan oleh Tim Pemeriksa Kapal  tersebut, Nakhoda Kapal Roll On Roll Off (RoRo) KM Mutiara Timur I, Capt. William Dickson menyambut baik dan akan meneruskan temuan ini kepada pemilik kapal untuk segera diperbaiki.

“Kami sangat berterima kasih atas adanya inspeksi keselamatan ini sehingga kami dapat mengetahui segala kekurangan minor yang ada. Temuan ini akan kami sampaikan kepada manajemen untuk segera memenuhi kekurangan di kapal kami,” tutupnya. (ANP)