JK Himbau Masyarakat Tetap Donor Darah

• Thursday, 19 Mar 2020 - 08:04 WIB

Jakarta - Di tengah banyaknya penyebaran virus Covid-19 yang melanda Indonesia dan mewabahnya penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD), Ketua Umum PMI, Jusuf Kalla (JK) menghimbau masyarakat yang sehat untuk tetap berdonor darah rutin demi kebutuhan masyarakat. Hal ini disampaikan JK, di Markas Pusat PMI, Rabu (18/03).

JK mengatakan, masyarakat yang sehat tetap bisa mendonorkan darahnya ke PMI, namun harus memperhatikan aspek kewaspadaan dan tetap tenang. “Masyarakat yang sehat, tetap bisa mendonorkan darahnya ke Unit Donor Darah (UDD) PMI terdekat secara rutin,” jelas JK.  

PMI sendiri telah menerapkan protokol atau panduan terkait dengan pelaksanaan donor darah di masing-masing UDD untuk membuat masyarakat aman, nyaman dan tenang dalam mendonorkan darahnya.  

Antara lain dengan melakukan pengecekan suhu tubuh sebelum memasuki gedung UDD PMI. Pendonor juga wajib mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer yang sudah disediakan.

“Selain Virus Corona, wabah DBD saat ini juga menjadi perhatian bagi masyarakat, untuk itu saya menghimbau kepada para relawan donor darah untuk berdonor demi kemanusiaan,” ujar JK.

JK menambahkan, tidak ada hubungan donor darah dengan virus Corona. "Masyarakat yang sehat, dan tidak dalam status ODP (Orang Dalam Pengawasan) dapat mendonorkan darahnya,” tambah JK. (Mus)