Penutupan Sementara Kebun Raya LIPI

• Wednesday, 18 Mar 2020 - 19:47 WIB

Jakarta - Mengantisipasi pencegahan penyebaran virus COVID-19, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) akan melakukan penutupan sementara empat Kebun Raya yang dikelola LIPI, yakni Kebun Raya Bogor, Kebun Raya Cibodas, Kebun Raya Purwodadi, dan Kebun Raya “Eka Karya” Bali. 

“Penutupan sementara akan dilakukan mulai Kamis 19 Maret hingga Selasa 31 Maret dan akan dibuka kembali setelah melihat perkembangan situasi,” ujar Kepala LIPI, Laksana Tri Handoko di Bogor, Jawa Barat pada Rabu (18/3). Handoko juga mengatakan bahwa LIPI berkewajiban menjaga kesehatan dan keselamatan masyarakat dan berpartisipasi aktif mencegah penyebaran COVID-19 secara lebih luas.

Kepala Pusat Penelitian Konservasi Tumbuhan dan Kebun Raya LIPI, R. Hendrian, mengungkapkan bahwa penutupan sementara ini merupakan bentuk tanggung jawab dan komitmen LIPI untuk ikut serta menjaga kesehatan dan keselamatan masyarakat dalam situasi pandemik virus COVID-19. “Selama penutupan akan dilakukan langkah-langkah pencegahan, seperti penyemprotan desinfektan ke seluruh fasilitas-fasilitas publik di Kebun Raya,” ujar Hendrian. 

Dirinya menjelaskan, selama penutupan juga akan dilakukan mekanisme pengaturan kerja pegawai agar koleksi tumbuhan Kebun Raya tetap terawat. “Sehingga ketika nanti dibuka kembali Kebun Raya tetap  nyaman, rapi dan dalam kondisi terpelihara baik untuk dikunjungi masyarakat,” tutup Hendrian. 

Sumber: Biro Kerja Sama, Hukum, dan Humas LIPI