Kasus Positif Corona di Jawa Timur Meningkat, 1 Pasien Meninggal

• Wednesday, 18 Mar 2020 - 16:19 WIB

Surabaya - Jumlah pasien positif virus corona atau Covid-19 di Jawa Timur meningkat, yang semula 6 orang menjadi 8 orang. Sebelumnya, Selasa (17/3) Gubernur Khofifah Indar Parawansa menyebut ada enam pasien di beberapa rumah sakit Surabaya, kini Khofifah menyebut ada dua pasien di Malang.

"Kemudian hasil pemeriksaan di lab positif, seperti yang kemarin saya sampaikan ada enam itu yang diperiksa di Tropical Disease Center Unair dan ada dua yang diperiksa di Litbangkes Kemenkes. Yang enam dari Unair itu di rumah sakit di Surabaya, dan yang dari Litbangkes Kemenkes itu dua-duanya dari RSU Saiful Anwar Malang (RSSA)," ujar Khofifah  dalam Kongerensi Pers perkembangan Convid -19 di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Rabu (18/3/2020).

Selain itu, mantan Menteri Sosial tersebut juga memaparkan jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) menjadi 29 orang, dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) menjadi 11 orang.

"Saya ingin sampaikan kepada teman-teman bahwa perkembangan jumlah kasus covid 19 ini sangat dinamis dan saya ingin menyampaikan updatenya pada hari ini jumlah ODP 29 orang di Jawa Timur dan jumlah PDP 11 orang," imbuhnya.

Sementara berdasarkan data dari Satgas Penangan Virus Corona Jawa Timur, satu orang pasien positif corona di Malang telah meninggal dunia. Hasil tes positif ini baru keluar setelah pasien tersebut meninggal. Penyebab kematiannya karena pasien selain positif corona juga disertai kompliksi diabetes melitus dan jantung. (Hermawan)