Tanggap Virus Corona, Edtech Startup Aku Pintar Siap Bantu Pemetaan Jurusan dan Belajar Online

• Wednesday, 18 Mar 2020 - 16:13 WIB

Jakarta - Beberapa pemerintah daerah telah mengambil kebijakan belajar di rumah sebagai salah satu upaya untuk mencegah serta mengurangi penyebaran wabah virus corona seperti DKI Jakarta, Jateng, Banten, Bandung, Depok dll.

Menanggapi hal ini, Lutvianto Pebri Handoko, CEO Aku Pintar edtech startup  yang berbasis di Jakarta menyatakan kesiapannya untuk menyediakan online platform sebagai solusi alternatif belajar di rumah bagi seluruh pelajar Indonesia, serta membantu memetakan minat bakat dan persiapan kuliah, mengingat saat ini sudah mendekati ujian masuk Perguruan Tinggi.

“Dalam situasi seperti ini, kesehatan tetap harus diutamakan di tengah merebaknya pandemi Covid-19. Melalui teknologi yang kami kembangkan, kami sangat berharap dapat membantu dan menjangkau pelajar untuk tetap belajar di rumah masing-masing dengan aman serta mempersiapkan perencanaan pendidikan lanjutannya dengan menganalisa potensi diri guna memetakan jurusan melalui aplikasi Aku Pintar,“ tutur Pebri.

Melalui aplikasi Aku Pintar, siswa, guru dan orang tua dapat memanfaatkan semua fitur seperti pemetaan minat bakat untuk mengetahui kecocokan jurusan, materi pembelajaran, video pembelajaran persiapan ujian, soal-soal latihan serta try out tanpa biaya. Bahkan siswa sudah bisa mencari informasi perguruan tinggi di seluruh Indonesia yang terintegrasi dalam aplikasi Aku Pintar.

Tidak ketinggalan ada pula layanan beasiswa dari berbagai lembaga yang siap membantu pelajar mempersiapkan pendidikan tingkat lanjut yang lebih matang, serta layanan konseling (curhat online) bagi siswa, guru, maupun orang tua dan kesemuanya itu dapat dilakukan jarak jauh cukup dari rumah masing masing.

“Aku Pintar juga memberikan pembelajaran secara live untuk membantu siswa belajar secara mandiri di rumah, mengingat saat ini sudah cukup banyak kegiatan belajar mengajar di sekolah dikurangi atau ditutup karena Covid-19. Fasilitas ini tentunya kami berikan secara gratis serta sesuai dengan kurikulum dan panduan yang berlaku," jelas Pebri.

Hingga kini, aplikasi Aku Pintar telah bekerja sama dengan berbagai macam pihak, seperti pemerintah (Kemdikbud), komunitas, fintech (pendanaan pendidikan), sekolah, serta universitas.

Pebri menambahkan, team dari Aku Pintar memiliki optimisme dalam membantu tetap terselenggaranya pendidikan di Indonesia melalui aplikasi Aku Pintar meskipun sudah banyak daerah telah menetapkan kegiatan belajar mengajar dilaksanakan di rumah masing masing.

Adanya dukungan dari Kementerian Pendidikan Republik Indonesia, para Dinas Pendidikan di setiap daerah, serta lembaga-lembaga yang menyusun ekosistem pendidikan telah membuktikan adanya tanggung jawab bersama dalam mencerdaskan generasi penerus bangsa di Indonesia.

Saat ini aplikasi Aku Pintar telah tersedia dan dapat di download secara gratis di Playstore melalui link : bit.ly/akupintarapp

Bersama Menghadapi Covid-19. (mas)