Jasa Marga Terapkan Langkah Mitigasi Penyebaran Penularan Covid-19 di Gardu Tol dan Rest Area

• Wednesday, 18 Mar 2020 - 15:02 WIB

Jakarta - Setelah melakukan langkah mitigasi di lingkungan rest area, PT Jasa Marga (Persero) Tbk bersama kelompok usaha Jasa Marga Group di seluruh Indonesia kembali melakukan langkah mitigasi pengendalian Covid-19 lainnya, kali ini melibatkan operasional di gerbang tol.

Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru menjelaskan bahwa mitigasi yang dilakukan di ranah operasional gerbang tol sangat penting karena merupakan ujung tombak transaksi yang melibatkan pengguna jalan maupun Petugas Customer Service (CS) dan Mobile Customer Service (MCS).

“Sesuai dengan arahan Presiden dan Kementerian BUMN, pelayanan publik dalam hal ini operasional jalan tol tetap berjalan dengan normal. Untuk itu diperlukan mitigasi pengendalian Covid-19 di gerbang tol yang dimulai dari kebersihan lajur transaksi di setiap gerbang tol,” jelas Heru.

Heru juga menambahkan, mitigasi pengendalian Covid-19 di gerbang tol telah dilakukan. Selain bekerja dengan Alat Pelindung Diri (APD) berupa rompi dan masker, para petugas CS mulai Senin, 16 Maret 2020, dilengkapi dengan sarung tangan terutama petugas CS yang bekerja dgn berinteraksi dengan pengguna jalan. Sesuai SOP yang diberlakukan menghadapi pandemi ini, Petugas CS juga membersihkan tangan dengan hand sanitizer, dan dicek suhu tubuhnya pra tugas dan pasca tugas.

“Saat ini untuk petugas CS yang bekerja di Gerbang Tol masih ada yang harus membantu tapping uang elektronik milik pengguna jalan sehingga cukup berpotensi untuk penularan Covid-19 baik untuk pengguna jalan maupun petugas CS. Kami harap dengan menggunakan sarung tangan dan masker, baik petugas CS maupun pengguna jalan mendapatkan perlindungan awal atas epidemi Covid-19 ini,” tambahnya.

Sementara itu, untuk memastikan kebersihan Gardu Tol Otomatis (GTO), PT Jasamarga Tollroad Operator (JMTO) selaku pengelola pemeliharaan peralatan tol Jasa Marga Group secara periodik membersihkan reader tapping uang elektronik dengan cairan disinfektan, yaitu minimal satu jam sekali.

Selain di gerbang tol, Jasa Marga Group juga meningkatkan pengendalian kebersihan dan tingkat higienitas di rest area jalan tol yang dikelola oleh anak usaha Jasa Marga, PT Jasamarga Related Business (JMRB). Yang telah dilakukan sebelumnya dan masih terus berjalan adalah sosialisasi untuk mencuci tangan dengan benar dengan menyediakan pendukung berupa hand sanitizer di tempat-tempat strategis seperti di lokasi tenan, akses ke toilet hingga musholla.

“Kami juga sudah menggulung semua karpet musholla di seluruh rest area yang dilakukan secara bertahap sehingga pengguna jalan tidak perlu khawatir akan kebersihan saat beribadah. Kami mengimbau agar pengguna jalan membawa perlengkapan ibadah sendiri untuk meminimalisir penularan Covid-19,” tutup Heru. (ANP)