Kemenkes Terima 155 Spesimen Suspect Corona dari 35 Rumah Sakit

• Tuesday, 3 Mar 2020 - 16:07 WIB
Foto/Ilustrasi/Daily

JAKARTA - Sekretaris Ditjen P2P Kemenkes sekaligus Juru Bicara Pemerintah terkait virus Corona (COVID-19), Achmad Yurianto mengatakan hingga saat ini pihaknya telah menerima 155 spesimen yang terkait virus Corona.

“Pemerintah, per Senin kemarin pukul 18.00 WIB, kini telah menerima 155 spesimen. Dari 155 orang. Dari 155 ini sudah confirmed dengan beberapa pengecekan diulang 2 positif yang sekarang kita rawat,” ujarngkap Achmad di Kementerian Kesehatan, Jakarta, Selasa (3/3/2020).

Dia mengatakan 155 spesimen tersebut dikirim dari 35 rumah sakit di 23 provinsi di Indonesia. Dari data tersebut, 2 orang terkonfirmasi virus Corona, yakni ibu (64) dan anak (31), yang tengah dirawat di RSPI Sulianti Saroso.

“Namun, masih ada beberapa spesimen yang masih didalami pemerintah,” katanya.

Achmad mengatakan spesimen yang masih didalami Kemenkes saat ini ada 4 spesimen yang terus diperiksa berulang-ulang. “Ada 4 spesimen yang kami dalami. Ini masih kita konfirmasi ulang. Sisanya yang lain negatif,” tegas Achmad.

Sementara mengenai hasil tes dari 188 ABK Kapal World Dream, Achmad mengatakan bahwa saat ini sudah selesai diperiksa dan hasilnya negatif.

“Sementara yang di Diamond Princess, 69 spesimen yang kita terima, kita masih melakukan pendalaman di 2 yang belum. Jadi 67 yang sudah jelas negatif. Proses pengulangan ini kita kerja sama untuk memberikan second opinion,” jelas Achmad.

(kri)

( Sumber : Sindonews.com )