Corona Masuk Indonesia, Ini Kronologi Tertularnya Dua Warga Depok

• Monday, 2 Mar 2020 - 13:09 WIB
Foto: iNews.id

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengumumkan adanya dua warga negara Indonesia yang terinfeksi virus Corona. Keduanya adalah ibu dan anak yang tertular oleh warga Jepang yang bermukim di Malaysia.

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menceritakan kronologi penularan virus Corona ke dua warga yang diketahui tinggal di Depok, Jawa Barat. 

Informasi berawal dari warga Jepang yang positif terinfeksi Corona di Malaysia. Diketahui warga tersebut baru saja bepergian ke Indonesia.

Kemudian Kementerian Kesehatan Malaysia menghubungi pihak Indonesia mengabarkan tentang informasi tersebut.

"Kita melakukan tracking, siapa saja yang kontak, closed contact dengan pasien ini. Begitu kita dapatkan, kita tindak lanjuti," kata Terawan di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (2/3/2020).

Selanjutnya, kata dia, kedua orang yang pernah kontak dengan warga Jepang itu langsung dibawa ke Rumah Sakit Pusat Penyakit Infeksi Sulianto Saroso.

"Jadi dia ada di ruang khusus isolasi khusus yg tidak terkontak dengan yang lain,"

Terawan menjelaskan, terungkapnya kasus Corona di Indonesia menunjukkan pemerintah serius dalam menangani kasus ini.

Dia juga membantah anggapan bahwa Indonesia menyembunyikan kasus Corona.

"Itu menunjukan bahwa kita ini serius. Yang kita periksa ini benar, kalau negatif ya negatif, kalau positif ya positif. Enggak ada istilah yang selama ini ngomong negara lain bahwa kita menyembunyikan (kasus Corona-red) enggak ada. Kalau positif, kita katakan positif kalau negatif kita katakan negatif," katanya.

 

(dam)

Sumber: Sindonews.com